Berita  

Trump Puji PM Inggris Sebagai ‘Britain Trump’

Washington, KabarBerita.id — Presiden Amerika Serikat Donald Trump memuji perdana menteri baru Inggris, Boris Johnson, sebagai ‘Britain Trump’ saat berpidato di depan ribuan remaja pendukungnya di Washington, Selasa (23/7).

Trump menyambut kemenangan Johnson sebagai PM baru menggantikan Theresa May yang mengundurkan diri pada 7 Juni lalu.

“Kita memiliki orang yang sangat baik yang akan menjadi perdana menteri Inggris sekarang. Dia (Johnson) itu tegas dan pintar. Mereka bilang ‘Britain Trump’. Mereka memanggilnya ‘Britain Trump’ dan orang-orang menganggap itu adalah sesuatu yang baik,” kata Trump.

Dalam kesempatan itu, Trump bahkan kembali menyindir pendahulu Johnson, Theresa May, yang dinilai gagal menyukseskan negosiasi Inggris keluar dari Uni Eropa atau Brexit karena tak mendengarkan nasihatnya.

Trump bahkan mengklaim banyak pihak yang menyukainya di Inggris. Padahal, selama ini lawatan kenegaraan Trump ke negara Eropa itu kerap mengundang protes hingga demonstrasi.

“Mereka menyukai saya di sana. Itu yang mereka inginkan. Itu yang mereka butuhkan. Dia (Johnson) akan menyelesaikan itu semua. Boris (Johnson) itu baik. Dia akan melakukan pekerjaan (PM) dengan baik,” kata Trump seperti dikutip The Guardian.

Pernyataan itu diutarakan Trump saat berpidato di depan sedikitnya 1.500 remaja dalam acara Turning Point USA’s Teen Student Action Summit di Washington.

Ribuan remaja itu sebagian besar merupakan pemuda konservatif. Sorak-sorai “USA! USA! USA!” dan “Trump! Trump! Trump!” terdengar dari ribuan pemuda saat menyambut sang presiden di podium.

Sebagian anak remaja itu juga memakai topi merah berslogan “Make America Great Again”.

Tinggalkan Balasan