Timnas Indonesia U-17 Gagal Lolos ke Piala Asia 2023

Jakarta, KabarBerita.id — Timnas Indonesia U-17 gagal lolos dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dan dipastikan tidak akan melaju ke Piala Asia U-17 yang akan berlangsung tahun depan.
Kepastian itu didapat usai berakhirnya laga pamungkas Grup D Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Arab Saudi melawan India, Senin (10/10) dini hari WIB.

Arab Saudi menang dengan skor 2-1 atas India di Prince Mohamed bin Fahd Stadium. Berkat dua gol dari Talal Hajji, Arab Saudi unggul lebih dulu dan India memperkecil kekalahan melalui gol Thanglalsoun Gangte.

Hasil ini membuat Arab Saudi lolos ke Piala Asia U-17 2023 sebagai juara Grup D. India pun mengikuti Arab Saudi yang akan tampil di putaran final lewat status runner up terbaik.

Dari kekalahan India ini otomatis membuat Indonesia gagal melangkah ke Piala Asia U-17. Skuad asuhan Bima Sakti tidak masuk dalam posisi enam tim terbaik yang bisa lolos melalui jalur runner up terbaik.

Pasalnya Timnas Indonesia U-17 berada persis satu tingkat di bawah Laos yang menempati posisi keenam klasemen runner up terbaik. Keenam runner up terbaik yang lolos yakni Korea Selatan, China, Afghanistan, India, Thailand, dan Laos.

Kegagalan Indonesia lolos ke Piala Asia U-17 tidak lepas dari kekalahan telak kontra Malaysia dengan skor telak 1-5 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (9/10).

Hasil negatif itu bukan saja membuat posisi puncak Grup B direbut Malaysia, namun juga berdampak pada ketidakmampuan Timnas Indonesia U-17 bersaing memperebutkan enam tiket melalui jalur runner up terbaik.

Tinggalkan Balasan