Thailand Gagal ke Piala Asia U-20, Media Thailand Uring-uringan

Jakarta, KabarBerita.id — Media Thailand menilai, timnas Thailand U-20 dirugikan dengan jadwal Grup H yang menggelar Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 terakhir.

Thailand U-20 gagal ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan setelah kalah head to head dengan Irak dalam poin kedisiplinan. Itu terjadi setelah Thailand dan Irak sama-sama mengoleksi enam poin.

Dikutip Siamsport, Grup H yang diisi okeh negara Australia, Irak, Kuwait, dan India yang baru menggelar Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 Oktober jadi pertanyaan banyak pihak.

Dengan digelar belakangan hal tersebut menguntungkan peserta dari Grup H. Sebaliknya situasi tersebut memberikan kerugian bagi Thailand U-20.

Thailand U-20 melakoni kualifikasi pada 10-18 September, sama seperti sembilan grup lain. Perbedaan pelaksanaan kualifikasi tersebut yang disorot dalam pemberitaan Siamsport.

Dalam laporan tersebut dibeberkan sejumlah faktor yang membuat Grup H harus digelar terakhir.

“Pertandingan di grup ini awalnya dijadwalkan dimainkan [sesuai jadwal] tetapi tidak dapat dimainkan karena Australia mengajukan surat kepada Konfederasi Sepak Bola Asia bahwa mereka tidak akan ambil bagian karena khawatir akan masalah keamanan perjalanan ke Irak, yang merupakan tuan rumah asli grup itu,” tulis Siamsport.

Selain Australia yang sempat mengundurkan diri, India juga sempat dinyatakan akan absen karena Asosiasi Sepak Bola India dihukum FIFA akibat campur tangan pihak ketiga.

Setelah dua tim mundur, AFC memanggil dua tim tersisa: Irak dan Kuwait. Kuwait akhirnya jadi tuan rumah Grup H yang akan melakoni dua pertandingan dengan Irak.

“Setelah Kuwait jadi tuan rumah, Australia diterima kembali untuk bergabung dalam turnamen, kebetulan India juga telah dibebaskan dari hukuman FIFA. Kondisi itu memungkinkan permainan di grup ini dijadwalkan pada 14-18 Oktober.”

Dalam penentuan runner up terbaik, terdapat tujuh tim dengan nilai enam poin yang memperebutkan lima tiket tersisa ke Piala Asia U-20 2023.

Pada penilaian terakhir itu Thailand harus bersaing dengan Irak dan Suriah karena memiliki selisih gol +3.

Akan tetapi Irak dan Suriah mempunyai skor fair play yang lebih baik dari Thailand. Thailand U-20 pun harus gagal ke Piala Asia U-20 2023, dikutip dari The Thaiger.

Tinggalkan Balasan