Berita  

Tak Terduga, Tempat Ini Jadi Saksi Pertemuan Pertama Setnov-Fredrich

Setya Novanto
Setya Novanto

Jakarta, KabarBerita.id — Mantan Ketua DPR Setya Novanto mengaku pertama kali bertemu dengan advokat Fredrich Yunadi secara kebetulan di bioskop.

“Saya kenal dengan terdakwa sejak April 2017, waktu ‘nonton’ bioskop sama istri anak buah saya namanya Caren yang kenal baik dengan Pak Fredrich,” kata Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis malam.

Setya Novanto (Setnov) bersaksi untuk mantan pengacara Ketua DPR Setya Novanto, Fredrich Yunadi yang didakwa bersama-sama dengan dokter RS Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo untuk menghindarkan Setnov diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi KTP-Elektronik.

“Saya dikenalkan sama Fredrich dan disampaikan ini pengacara yang telah menangani perkara yang juga berkaitan dengan Budi Gunawan saya katakan ‘Oh ya?’ Kita lalu mengobrol sebentar lalu tidak ketemu lagi,” kata Setnov.

Budi Gunawan yang dimaksud adalah Ketua Badan Intelijen Negara (BIN) yang sebelumnya pernah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 2015 tapi dibatalkan dalam praperadilan. Fredrich menjadi salah satu pengacaranya.

“Saya tahu Pak Fredrich advokat dijelaskan Caren, dia anak buah saya di Partai Golkar, kami ‘ngobrol-ngobrol’ masalah yang ringan, tapi belum cerita masalah kasus hanya Pak Fredrich sudah pengalaman dalam dunia pengacara dan cerita tentang kasus-kasus yang ditangani,” kata Setnov.

Selang beberapa bulan kemudian saat Setnov sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi KTP-Elektronik, Setnov pun membuat 10 surat kuasa untuk Fredrich.

“Total ada 10 surat kuasa untuk pencekalan, ‘judicial review’ ke Mahkamah Konstitusi dan terkait kasus KTP-E itu sendiri,” ungkap Setnov.

Tinggalkan Balasan