Sosialisasi Cegah Stunting, DPR dan BKKBN Tekankan Pentingnya 1.000 HPK

Jakarta, KabarBerita.id — BKKBN menggelar Sosialisasi Pencegahan Stunting bersama mitra kerja di Provinsi DKI Jakarta di Aula Darul Marfu’ Radio Dalem, 11 Januari 2024.

Hadir dalam acara ini Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dr Kurniasih Mufidayati dan Direktur Bina Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana BKKBN RI Martin Suanta, SE, M. Si.

Kurniasih Mufidayati menekankan, pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan sebagai fondasi penting untuk pencegahan stunting.

1.000 hari pertama kehidupan, yang dimulai sejak pembuahan hingga usia dua tahun, dianggap sebagai periode kritis dalam perkembangan anak.

“Pada periode ini, pertumbuhan otak dan organ vital terjadi dengan cepat, dan faktor gizi, stimulasi, serta perawatan sangat mempengaruhi potensi tumbuh kembang anak,” terang dia.

“Dalam 1.000 hari pertama kehidupan, anak mengalami pertumbuhan paling cepat sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, memberikan nutrisi yang cukup, stimulasi positif, dan perawatan yang baik pada masa ini sangat penting untuk mencegah stunting dan memberikan fondasi kuat bagi pertumbuhan anak,” tambah Kurniasih.

Martin menambahkan, upaya sosialisasi ini tidak hanya dilakukan oleh lembaga kesehatan, namun juga melibatkan sektor pendidikan, masyarakat sipil, dan sektor swasta. Kolaborasi lintas sektor menjadi kunci dalam menyebarkan informasi penting ini kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Dalam era digital, kampanye di media sosial menjadi sarana efektif untuk menyebarkan informasi. Berbagai infografis, video pendek, dan artikel kesehatan akan disebarluaskan melalui platform digital untuk mencapai audiens yang lebih luas,” papar dia.

Orang tua, sebagai garda terdepan dalam perkembangan anak, diimbau untuk memahami pentingnya peran mereka dalam memberikan nutrisi seimbang, stimulasi kognitif, dan perhatian yang cukup selama 1.000 hari pertama kehidupan anak.

Tinggalkan Balasan