Simak ! Berikut Tips Lolos CPNS 2021

  • Bagikan
Tes CPNS

Jakarta, KabarBerita.id — CPNS sudah tinggal didepan mata, berikut tips agar kamu bisa bersaing dengan jutaan orang diseluruh Indonesia. Baca tips-tips berikut ini !

1. Rencanakan Jadwal Belajar

Pertama adalah merencanakan jadwal belajar untuk bisa menguasai soal-soal SKD. Penting untuk mengetahui kisi-kisi soal, mempelajari materi dan berlatih soal-soal sehingga kita harus meluangkan waktu untuk merencanakannya.

2. Sering Latihan Soal TES

Rajin berlatih mengerjakan soal dapat meningkatkan percaya diri dan membiasakan diri menghadapi soal-soal CPNS. Kamu dapat dengan mudah menemukan soal-soal SKD maupun SKB di internet, aplikasi, buku hingga Youtube.

3. Mempelajari Kisi-Kisi Materi CPNS

Cobalah cari tahu kisi-kisi soal SKD maupun SKB CPNS karena ini penting untuk mengetahui apa yang akan kita hadapi. Kita bisa mempelajari dari tes tahun lalu maupun mencari di dalam buku dan internet.

4. Ikut Bimbel CPNS

Belajar sendiri mudah membuat lelah dan mengantuk, untuk itu salah satu solusinya adalah ikut belajar bersama bisa dengan belajar bersama teman atau ikut bimbel CPNS.

5. Ikuti Update Berita CPNS

BKN sudah mengeluarkan detail pendaftaran, namun kamu harus tetap update untuk mengetahui jika sewaktu-waktu ada perubahan ketentuan dalam pendaftaran CPNS, memberikan kisi-kisi maupun perubahan tanggal.

6. Dokumen Siapkan Jauh-jauh Hari

Syarat mutlak kelolosan administrasi adalah kelengkapan dokumen, untuk itu pastikan dokumen kamu sudah lengkap sesuai dengan persyaratan formasi yang kamu lamar.

7. Cek Passing Grade

Passing grade cukup penting dalam memilih formasi agar tidak gagal. Sebagaimana kita ketahui dalam Peraturan Menteri PANRB No. 24/2019 perihal ambang batas nilai SKD formasi jalur umum maupun pengaman siber diharuskan melampaui 126 TKP, 80 untuk TIU, 65 untuk TWK. Dari penilaian itu passing grade perbagian memperoleh minimal SKD 271 dari 100 soal untuk dinyatakan lulus.

8. Sebelum Tes, Istirhatkan Pikiran

Istirahatkanlah pikiran sebelum tes agar kita bisa menghindari kecemasan. Pikiran harus tenang untuk memudahkan pengerjaan soal.

Tes yang menggunakan sitem CAT juga memerlukan konsentrasi yang tinggi. Kelelahan akan membuat kita kesulitan saat mengerjakan soal.

9. Pahami Lokasi Tes

Datanglah lebih awal kelokasi tes agar kita tenang. Kita juga menjadi tidak terburu-buru yang akan membuat kita cemas dan mengurangi ketenangan.

10. Efisiensi Pengaturan Waktu dan Teliti dalam Mengerjakan TES

Kita harus teliti dalam mengerjakan tes karena banyak soal yang menjebak dengan pilihan yang mirip.

Kerjakan terlebih dahulu soal yang mudah agar waktu bisa efisien dan kita bisa mengerjakan banyak soal. Jangan dihabiskan untuk mengerjakan satu soal yang sulit karena akan merugikan.

Kamu bisa mengerjakan soal TKP dahulu karena tidak ada jawaban benar atau salah karena hanya ada tingkat nilai sehingga tidak terlalu menguras waktu.

Jika masih ada waktu tersisa, periksa kembali jawaban-jawaban kamu.

11. Berdoa

Setelah semuanya dirasa maksimal, kita harus berdoa dan berharap agar semuanya berhasil dan diberikan kelancaran.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan