Berita  

Rusia akan Veto Sanksi PBB untuk Iran

New York, KabarBerita.id — Rusia meletakkan dasar bagi peluang memberikan veto pada Senin untuk sebuah upaya Inggris, Amerika Serikat dan Prancis agar Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menegur Iran karena senjata-senjatanya jatuh ke tangan kelompok Houthi di Yaman.

Dewan Keamanan beranggotakan 15 negara harus memperbarui sanksi yang ditargetkan di Yaman pada Senin. Rusia telah mengusulkan sebuah resolusi saingan yang hanya akan memperpanjang mandat rezim tersebut selama satu tahun dan tidak menyebut Iran.

Amerika Serikat telah melobi selama berbulan-bulan agar Iran dapat dimintai pertanggungjawaban oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, sementara pada saat yang sama mengancam untuk keluar dari kesepakatan 2015 yang disepakati oleh negara-negara kekuatan dunia untuk mengekang program nuklir Iran jika “gangguang yang merusak” tidak diperbaiki.

Inggris merancang sebuah resolusi dalam konsultasi dengan Amerika Serikat dan Prancis yang pada awalnya ingin mengutuk Iran karena telah melanggar embargo senjata terhadap para pemimpin Houthi, termasuk sebuah komitmen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk mengambil tindakan atas aksi itu.

Rancangan terbaru Inggris itu tidak memasukkan kecaman dan sebaliknya mengungkapkan kekhawatiran bahwa pakar Perserikatan Bangsa Bangsa yang memantau sanksi tersebut melaporkan bahwa Iran telah melanggar embargo senjata yang ditargetkan dengan tidak menghentikan peluru kendali dan kendaraan udara tak berawak yang mencapai wilayah Houthi.

Sebuah perang sedang berlangsung di Yaman antara Iran dan sekutu Amerika Serikat, Arab Saudi. Sebuah koalisi pimpinan Arab Saudi melakukan intervensi di Yaman pada 2015, mendukung pasukan pemerintah yang memerangi pemberontak Syiah yang didukung Iran. Iran membantah memasok senjata kepada kelompok Houthi.

Sebuah resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa membutuhkan sembilan suara yang mendukung dan tidak ada hak veto dari Rusia, China, Amerika Serikat, Prancis atau Inggris untuk disahkan.

Tinggalkan Balasan