Puasa di Tengah Pandemi, Penuhi 5 Nutrisi Penting Pada Asupan Pangan

  • Bagikan
Asupan pangan yang bergizi merupakan pendukung utama terbentuknya kekebalan tubuh.

Jakarta, KabarBerita.id — Memasuki Ramadhan umat Islam kembali menjalani puasa di tengah situasi pandemi di tahun ini. Diketahui bahwa kasus Covid-19 belum juga menunjukkan penurunan yang signifikan. Tetapi, vaksinasi sudah mulai berjalan untuk kelompok prioritas. Meski demikian,protokol kesehatan tetap wajib dijalankan.

Dalam usaha menjaga diri dari serangan virus dapat didukung dengan sistem imun yang baik.Ali Khomsan,Guru Besar Pangan dan Gizi IPB menyatakan bahwa asupan pangan yang bergizi merupakan pendukung utama terbentuknya kekebalan tubuh.

Beliau kemudian menyarankan lima nutrisi penting yang wajib dipenuhi ketika berpuasa ditengah pandemi yakni sebagai berikut.

1. Protein

Protein memiliki peranan penting dalam pembentukan kekebalan tubuh. Kurangnya protein dapat mengakibatkan tubuh lelah, apatis, lemah dan daya tahan tubuh buruk.

Dengan demikian, penting bagi kita untuk menyisipkan protein dalam menu sahur dan berbuka puasa.Seperti pada daging ayam, daging sapi, daging kambing, udang, ikan mas,ikan kembung, kerang, susu full cream, dan telur.

2. Vitamin A

Menurut studi yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Medicine menyebut bahwa vitamin A memiliki sifat antiinflamasi yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kita dapat mengonsumsi minyak ikan, hati sapi, hati ayam, wortel, kuning telur, mentega, bayam, labu kuning, kangkung,serta ubi jalar untuk menambah asupan vitamin A dalam tubuh.

3. Vitamin C

Vitamin C ialah hal yang paling diingat ketika bicara tentang daya tahan tubuh. Tidak hanya saat pandemi, vitamin C kerap disarankan saat orang sedang dalam masa pemulihan pascasakit.

Hal tersebut dibenarkan,dimana dikutip dari jurnal Nutrient, vitamin C dapat mendukung fungsi epitel terhadap patogen serta meningkatkan aktivitas oksidan kulit yang berpotensi melindungi sel terhadap stres oksidatif.

Sumber pangan yang mengandung Vitamin C juga tidak sedikit, tetapi yang paling tingggi kandungannya ialah pada buah Jambu biji. Kandungan vitamin C jambu biji lebih tinggi dibanding buah jeruk. 100 gram jambu biji terdiri dari 184 miligram vitamin C, sedangkan pada jeruk ‘hanya’ 61,5 miligram.

4. Vitamin E

Setelah memenuhi asupan vitamin A dan C, kita perlu juga menambahkan vitamin E. Vitamin E dapat melawan infeksi dengan memperlebar pembuluh darah sehingga mampu mencegah pembekuan darah akibat infeksi.

Asupan vitamin E dapat kita dapatkan dari mengonsumsi brokoli, bayam, kacang almond, kedelai, biji bunga matahari, mangga, kiwi, alpukat dan makanan laut seperti kerang, udang, dan salmon.

5. Zinc atau Seng

Zinc merupakan mineral yang ikut berperan dalam daya tahan tubuh sehingga perlu kita ambil dalam nutrisi penting selama puasa ramadhan kali ini.Dikutip dari WebMD, zinc diperlukan untuk fungsi kekebalan, penyembuhan luka, pembekuan darah, fungsi tiroid juga fungsi lain tubuh.

Tingginya kadar zinc dapat ditemukan pada jenis pangan seperti, daging, susu, kacang-kacangan, polong-polongan, serta biji-bijian.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan