PSSI Beri Respons Usai Indonesia Disebut Unggulan 2 Piala AFF 2022

Jakarta, KabarBerita.id — PSSI menegaskan terkait undian Piala AFF 2022 yang menempatkan Timnas Indonesia di pot kedua, belum resmi dari konfederasi sepak bola Asia Tenggara (AFF).

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan belum ada surat resmi dari AFF ke PSSI. Terkait adanya pot undian yang beredar, PSSI tidak mengetahui dasar dan sumbernya karena yang dijadikan pegangan adalah surat resmi.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri menyatakan hal serupa. Hingga hari ini belum ada surat resmi dari AFF yang mengabarkan posisi pot undian Piala AFF 2022 sebagaimana beredar di media sosial.

Isu terkait TIMNAS Indonesia menempati pot kedua undian Piala AFF 2022 telah berradar sejak bulan lalu. Media Vietnam yang pertama kali menyebutkan hal tersebut berdasarkan keterangan salah satu anggota komite eksekutif federasi sepak bola Vietnam (VFF).

Isu tersebut semakin diperkuat dalam Unggahan salah satu akun media sosial yang fokus tentang sepakbola Asia Tenggara. Disebutkan dalam Unggahan tersebut TIMNAS Indonesia berada di pot kedua.

Rinciannya negara Thailand dan Vietnam berada di pot pertama, kemudian Indonesia dan Malaysia berada di pot kedua, pot ketiga dengan negara Singapura dan Filipina, kemudian Myanmar dan Kamboja di pot keempat. Terkahir Timor Leste dan Laos di Pot kelima. Akan tetapi tidak ada nama Brunei dalam Unggahan tersebut

Biasanya dalam penentuan pot undian Piala FF dihitung berdasarkan pencapaian dua edisi terakhir. Apabila mengacu dalam hal ini, TIMNAS Indonesia layak berada di pot kedua karena merupakan finalis edisi 2020 (2021) meskipun tidak lolos grup pada edisi 2008.

Tinggalkan Balasan