Polisi Investigasi 1.000 Kelahiran Bayi Tak Tercatat di Korea

Jakarta, KabarBerita.id — Ada Hampir 1.000 kelahiran bayi di Korea Selatan tak tercatat secara resmi oleh pemerintah. Polisi kini tengah mengusut kasus tersebut.

Dikutip dari The Korea Times, pada Senin (10/7) pukul 17.00 waktu setempat, ada 1.069 kelahiran bayi tanpa dokumen resmi yang dilaporkan ke polisi. Sebanyak 939 laporan sedang dalam investigasi.

Dari total kasus yang diselidiki itu, 34 bayi terkonfirmasi meninggal dunia. Sebanyak 19 kasus meninggal dipastikan tak ada indikasi tindak pidana.

Namun polisi sedang mendalami adanya dugaan kejahatan pada kematian 11 bayi lainnya, termasuk dua kasus kematian yang dilaporkan di Seoul.

Sementara itu, empat kasus telah dilimpahkan ke kejaksaan setelah polisi menemukan dugaan tindak pidana yang melibatkan orang tua dalam kematian bayi yang baru lahir.

Polisi mengatakan mereka fokus untuk menemukan keberadaan 782 bayi yang lahir tanpa dokumen resmi itu. Saat ini penyelidikan kasus bayi yang memiliki catatan medis kelahiran tetapi tidak memiliki akta kelahiran resmi terus diperluas.

Pemerintah Korea Selatan sedang melakukan kampanye nasional untuk memeriksa kesejahteraan lebih dari 2.000 bayi yang tidak terdaftar.

Tinggalkan Balasan