PLN Gandeng Basarnas Latih Water Rescue

0
23 views

Purwakarta, KabarBerita.id — Dalam rangka meningkatkan kesiapan PLN dalam menghadapi kejadian bencana, PLN bekerjasama dengan BASARNAS menggelar pelatihan bertema “Teknik Penyelamatan Korban di Air/ Water Rescue dan Teknik Pertolongan Pertama Bagi Korban”.

Kegiatan yang diikuti 40 pegawai dari berbagai unit PLN di seluruh Indonesia ini berlangsung pada 7 – 11 Mei 2018 di Waduk PLTA Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

“Wilayah Indonesia sangat rawan terhadap bencana alam seperti gempa, banjir, dll. Oleh karena itu Pelatihan Tanggap Darurat Bencana ini menjadi penting karena salah satu misi PLN adalah PLN Peduli terhadap lingkungan dan siap siaga melakukan antisipasi bencana serta cepat tanggap dalam kondisi terjadi bencana,” jelas Manager Senior Public Relations, Agung Murdifi, Selasa (8/5).

Lebih khusus Agung menjelaskan, tujuan dari pelatihan TRC ini adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, menanggulangi bencana secara terencana, terpadu, dan terkoordinasi, menghargai budaya lokal, membangun partisipasi dan kemitraan publik / swasta, serta mendorong semangat gotong royong, kesetiakawanan dan sosial.

Selain itu, TRC bertujuan menyelaraskan peraturan perundang-undangan yang ada, mengingat pelatihan TRC berdasarkan landasan hukum UU RI No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Hal ini sesuai dengan asas kemanusiaan, keadilan, kesamaan, kedudukan, keseimbangan, keselarasan dan keserasian, kebersamaan, dan lingkungan hidup.

Hal penting yang juga ingin ditanamkan dari pelatihan TRC ini adalah prinsip cepat dan tepat dalam menanggulangi bencana, prioritas, koordinasi yang baik, transparan, kemitraan, pemberdayaan, dan non diskriminatif.

Pelatihan TRC tahun ini merupakan perhelatan keempat. Sebelumnya, PLN melaksanakan beberapa kali latihan sebagai berikut:
1. Pelatihan khusus pembinaan kesiapan mental dan keterampilan fisik serta pendalaman situasi bencana / darurat pada 05–09 Feb 2012 di Diklat Kopassus Bandung.
2. Pelatihan keterampilan P3K, Water rescue / penyelamatan korban di air, Vertical rescue/ penyelamatan korban di ketinggian, dan tali temali pada 12–15 Mei 2014 di Basarnas kelas A Surabaya.
3. Pelatihan manajemen penanggulangan bencana pada 14-18 September 2015 di Diklat BNPB Sentul, Bogor.

Dengan pelatihan TRC diharapkan dapat memberi pemahaman lebih bagi pegawai untuk selalu siap siaga dalam menghadapi setiap kemungkinan yang terjadi dikemudian hari. PLN sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara juga dapat memiliki respon yang cepat dalam setiap peristiwa bencana dan selalu hadir serta peduli terhadap saudara – saudara yang tertimpa bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here