PKS Desak Anies Segera Umumkan Cawapres

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua DPP PKS Bidang Politik dan Hukum, Almuzammil Yusuf meminta bakal capres dari koalisinya, Anies Baswedan segera mengumumkan cawapres pendampingnya di Pilpres 2024.

Muzammil menilai menunda pengumuman cawapres hanya akan menghilangkan momentum pemenangan. Dia menyarankan Anies bisa mengumumkan cawapres pada Agustus ini bertepatan dengan hari kemerdekaan 17 atau 18 Agustus bertepatan dengan Hari Konstitusi.

“Jadi menurut kami momentum untuk pengumuman cawapres memang perlu segera. Bagus jika bulan Agustus ini. Sejalan dengan momentum 17 Agustus Kemerdekaan RI dan 18 Agustus hari Konstitusi,” kata Muzammil dalam keterangannya, Jumat (11/8).

Ia mengungkap sejumlah kerugian jika Anies justru terus menunda keputusan untuk mengumumkan cawapres. Misalnya, kata Muzammil, Koalisi Perubahan akan kehilangan momentum konsolidasi sebab Pilpres 2024 hanya tinggal enam bulan.

Bukan hanya akan berdampak bagi partai, para relawan juga akan mengalami hal serupa. Muzammil menuturkan menunda pengumuman cawapres juga akan berdampak pada elektabilitas.

“Saya kira hasil survei cendrung kurang positif manakala pasangan capres cawapres belum fiks. Karena publik juga ragu apakah akan jadi maju atau tidak calon tersebut,” terang Muzammil.

Di sisi lain, dia menilai arah koalisi partai-partai dari koalisi lain juga kian terlihat. Sehingga, tak ada lagi momentum yang perlu ditunggu.

“Mudah-mudahan bisa segera. Agar koalisi dan publik juga mendapat kepastian. Semakin ditunda-tunda bukan semakin baik,” ucap Muzammil.

Selain PKS, Partai Demokrat selaku rekan koalisi pendukung Anies, dalam beberapa kesempatan juga terus mendesak Anies segera mengumumkan cawapres.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingatkan masyarakat saat ini tengah menunggu sosok cawapres dari Koalisi Perubahan.

“Makanya seringkali kita mengatakan bahwa ketidakpastian ketidakjelasan itu yang sering membuat orang tidak optimal,” kata AHY, Jumat (11/8).

“Begitu pula masyarakat kita masyarakat menunggu sebetulnya ini bagaimana kualitas perubahan ini, kapan akan bisa dipastikan,” imbuhnya/

Berbeda dengan keduanya, hanya NasDem yang memberi sinyal dan ingin cawapres Anies diumumkan di menit terakhir. Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh beralasan konstelasi politik saat ini masih sangat cair.

Paloh berkeyakinan arah politik saat ini masih berpeluang besar berubah di menit-menit akhir. Lagi pula, dia menilai pengumuman cawapres di akhir masa pendaftaran, toh bukan berarti koalisinya tidak solid.

“Ibarat pertandingan sepak bola internasional seperti Piala Dunia yang kawan-kawan ikuti, dua menit terakhir, bisa berubah semuanya. NasDem juga belajar itu. Jadi pengumuman cawapres Anies di akhir bukan karena koalisi tidak solid,” kata Paloh dikutip dari Detik, Senin (7/8).

Tinggalkan Balasan