Pertemuan AHY-Cak Imin, PKS: Peluang PKB Gabung KPP Lebih Besar

Jakarta, KabarBerita.id — PKS menilai peluang PKB bergabung ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) lebih besar ketimbang Partai Demokrat yang berlabuh ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Pernyataan demikian disampaikan dalam merespons pertemuan antara Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan PKB Muhaimin Iskandar di Puri Cikeas, Rabu (3/5) malam.

Juru bicara PKS Muhammad Kholid menyebut peluang itu menjadi lebih besar lantaran sosok capres yang akan diusung KPP di Pilpres 2024 sudah selesai.

“Kalau bicara peluang, PKB bergabung ke KPP lebih besar, karena PD-PKS-NasDem sudah menandatangani Piagam Koalisi dan capresnya definitif Mas Anies Baswedan,” kata Kholid ketika dikonfirmasi, Kamis (4/5).

Kholid menerangkan, KPP terbuka bagi PKB maupun parpol lainnya yang ingin bergabung. Namun, mereka mensyaratkan Anies tetap sebagai capresnya.

“Tahapan KPP saat ini adalah mencari cawapres, dan kalau ada tambahan personel koalisi kami terbuka lebar,” terang dia.

Sebelumnya Cak Imin menemui AHY di kediaman SBY di Puri Cikeas pada Rabu (3/5) malam. Usai pertemuan, Cak Imin mengaku gagal melobi AHY untuk bergabung ke Koalisi Besar.

“Dari awal saya ingin mengembangkan koalisi, salah satu agenda saya mempengaruhi partai-partai termasuk AHY. Tapi setelah bertemu imannya kuat. Rahasianya, akhirnya saya belum ngelamar karena niatnya masih kuat,” kata Cak Imin di Puri Cikeas, Bogor, Rabu (5/4).

Sementara AHY juga turut merespons pernyataan Cak Imin sebelumnya yang akan menggoda Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk bergabung dengan koalisi besar.

“Ya rasanya kita saling menggoda tadi. Dalam arti yang baik. Artinya kami saling bertukar pikiran dan catatan tadi diskusi cair sekali. Saya rasa ada kedewasaan dalam politik. Sering saya singgung kalau ada kekuatan politik yang merasa saya ada di sini ada di sana,” kata AHY.

Demokrat bersama PKS kini tergabung dalam KPP bersama NasDem. Mereka bersepakat mengusung Anies Baswedan sebagai bakal capres.

Sementara PKB telah menggagas Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Gerindra sejak pertengahan tahun lalu. Mereka juga telah menandatangani piagam koalisi namun belum mengusung capres-cawapres.

Tinggalkan Balasan