Faktor Penyebab Kadar Folat Rendah

  • Bagikan

Jakarta, Kabarberita.id — Folat merupakan vitamin yang dapat larut di dalam air oleh karenanya vitamin ini tidak bisa disimpan di dalam sel lemak kita.

Penting bagi kita untuk penuhi asupan folat secara terus menerus karena tubuh kita tidak dapat dengan sendirinya mengembangkan cadangan.

Rendahnya kadar gula di dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni sebagai berikut

1. Diet

Penyebab utama dari defisiensi folat ialah ketika kita menjalankan diet rendah buah-buahan, sayur, serta sereal. Selain itu ketika kita memasak makanan dengan terlalu lama maka bisa menyebabkan kerusakan vitamin.

Jika kita tidak mengonsumsi makanan yang kaya folat dalam beberapa minggu maka tingkat suara dalam tubuh kita akan langsung menurun.

2. Beberapa Penyakit Saluran Cerna

Beberapa penyakit yang berpengaruh pada absorpsi di saluran cerna bisa berdampak pada rendahnya kadar asam folat dalam tubuh.

Penyakit-penyakit Iyalah diantaranya penyakit jenis kanker tertentu, Penyakit celiac, Penyakit kronis, serta Penyakit ginjal yang perlu dialisis.

3. Genetik

Mutasi genetik bisa menghalangi tubuh untuk secara tepat mengubah suplemen atau folat makanan menjadi bentuk yang yang mampu digunakan yakni methylfolate. Dan beberapa orang dinilai berpotensi memiliki mutasi gen tersebut.

4. Efek samping obat

Defisiensi folat atau rendahnya kadar gula dalam tubuh juga bisa dipengaruhi oleh efek samping dari obat-obatan tertentu.

5. Asupan alkohol yang berlebihan

Dalam proses penyerapan folat, alkohol seringkali menjadi penyebab terganggunya proses tersebut karena dapat meningkatkan ekskresi atau pengeluaran folat lewat urine.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan