Pemkot Cilegon Siapkan Grand Design Atasi Macet Saat Arus Mudik

  • Bagikan

Cilegon, KabarBerita.id — Cilegon menjadi salah satu jalur darat pulau Jawa untuk menyeberang ke Sumatera via Pelabuhan Merak saat arus mudik. Pemkot Cilegon menyiapkan grand design agar tak terjadi penumpukan kendaraan.

Helldy Agustuan, Walikota Cilegon mengatakan sedang membuat grand desain supaya kedepannya Cilegon tidak macet lagi.

Helldy mengatakan pembangunan kantong-kantong parkir merupakan langkah jangka pendek untuk mengatasi kemacetan. Jangka panjangnya pemerintah akan mengajukan pelebaran jalan Cilegon-Merak yang hanya memiliki 2 jalur.

“Bagaimana membuat kantong-kantong parkir agar supaya tidak macet, Infrastruktur belum. Kalau itu (pelebaran jalan) alternatif yang panjang kan, kalau ini kita yang singkat dulu bagaimana kita ada basecamp, tempat wisata, tempat apa semuanya di situ di sebelum Merak,” ujarnya.

Sementara Penjabat Gubernur Banten Almuktabar mengatakan, pihaknya akan melakukan sinkronisasi antara keinginan Pemprov dan Pemkot mengatasi kemacetan tersebut. Selain itu, konektivitas antarwilayah perbatasan juga menjadi perhatian Pemprov agar pembangunannya berkesinambungan.

Selain menata ulang infrastruktur Pemprov dan Pemkot akan berkolaborasi untuk memperindah wajah Cilegon yang menjadi gerbangnya pulau Jawa di ujung barat daya.

“Tugas provinsi menyambungkan antara konektivitas daerah agar antar daerah itu tersambung kemanfaatannya yang menjadi pusatnya bagian wisata. Banyak hal yang Pak Wali bergagasan besar soal itu dan tugas kita ke depan untuk mewujudkannya, nanti akan diekspos lebih lanjut secara detail,” kata Almuktabar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan