Pemerintah Kabupaten Sukabumi Terima Anugerah Meritokrasi KASN Predikat Baik

  • Bagikan

Sukabumi, KabarBerita.id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menerima Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) 2021 dengan kategori baik.

Anugerah tersebut berhasil diraih berdasarkan hasil penilaian sistem merit dalam kategori instansi pemerintah pada tingkat kabupaten.

Iyos Somantri selaku Wakil Bupati Sukabumi menerima langsung penghargaan tersebut di Surabaya, Selasa (7/12). “Penghargaan ini akan menjadi motivasi kita semua untuk terus meningkatkan kinerja,” katanya.

Iyos bersyukur Pemkab Sukabumi meraih predikat baik. Selain itu ia menegaskan bahwa penghargaan ini adalah bukti menuju ASN yang profesional melalui peningkatan kinerja yang baik di tubuh pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan ASN memiliki tiga fungsi penting, yaitu fungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, sebagai pelayan publik, dan perekat persatuan kesatuan bangsa.

Dijelaskannya fungsi tersebut dapat dijalankan dengan baik melalui penerapan meritokrasi pada manajemen ASN yang berbasis pada transparansi dan objektivitas, serta mengedepankan kompetensi, prestasi dan kinerja individu.

Oleh karena itu Wapres berharap kedepannya sistem merit ini harus dilaksanakan secara konsisten agar dapat mengakselerasi tercapainya transformasi ASN Indonesia yang merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai reformasi birokrasi. Hal tersebut dapat dimulai dari proses rekrutmen ASN, penggajian dan reward, pengukuran kinerja, promosi jabatan, hingga pengawasan.

Wapres menambahkan langkah strategis diperlukan dalam optimalisasi penerapan sistem merit yakni dengan pengembangan dan penguatan implementasi manajemen talenta SDM aparatur.

“Menghadapi tantangan dan dinamika perubahan di tingkat nasional maupun global, kita perlu meningkatkan kelincahan serta kemampuan adaptif SDM dan organisasi. Setelah itu mengintensifkan peran aktif kepemimpinan kepala daerah dalam mendukung meritokrasi daerah,” tambahnya.

Perlu adanya Kolaborasi intensif antara Pemerintah Daerah dengan Kementerian PANRB, KASN, BKN, dan LAN. Wapres menambahkan dalam sistem merit harus menekankan pada penguatan integritas, ketakwaan, moral serta nilai-nilai luhur ASN.

“ASN ‘BerAKHLAK’, yang memiliki arti berorientasi pada Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Saya mengharapkan nilai yang diluncurkan oleh Bapak Presiden ini selalu dijunjung tinggi oleh ASN,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan