Berita  

PAN Pertimbangkan Saran Amien Rais untuk Oposisi

Jakarta, KabarBerita.id — Partai Amanat Nasional (PAN) akan mempertimbangkan permintaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais agar partai menjadi oposisi pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN Saleh Partaonan Daulay mengakui pandangan dan pemikiran Amien sangat penting untuk didengar dan dijadikan referensi seluruh kader PAN.

“Pendapat dan pemikiran seperti itu sudah sering disampaikan Pak Amien. Beliau menyampaikannya di luar kepentingan pribadi. Karena itu, pendapat dan pemikiran itu bisa dikatakan sangat objektif dan didasarkan pada fenomena dan dinamika sosial-politik yang ada,” kata Saleh, Ahad (4/8).

Sebagai pendiri, tokoh senior, dan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, menurut dia, berhak menyampaikan pandangan dan pemikirannya. Terkait keputusan resminya akan dibahas dan ditetapkan dalam rapat kerja nasional (rakernas). Anggota Komisi IX DPR tersebut menuturkan bahwa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga memiliki peran penting dalam menentukan sikap politik PAN.

Ia mengatakan bahwa saat ini Zulkifli sedang memetakan dinamika politik yang berkembang untuk selanjutnya diselaraskan dengan masukan dan pandangan dari tokoh senior, kader, simpatisan, dan masyarakat. “Diharapkan PAN akan mengambil keputusan terbaik yang membahagiakan semua pihak,” ujarnya.

Ia juga tak memungkiri bahwa saat ini PAN telah banyak menerima aspirasi dari sejumlah masyarakat. Termasuk aspirasi yang mengatakan agar PAN berada di luar pemerintahan.

“PAN tentu akan berupaya sedapat mungkin untuk tetap dekat dengan masyarakat pemilihnya. PAN tidak mau mengecewakan mereka. PAN menyadari bahwa perjuangan politik yang selama ini dilakukan tidak memiliki makna apa-apa jika tanpa dukungan dari masyarakat luas,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan