Negara Arab dan Rusia Malah Dukung Tindakan Cina di Xinjiang

Jakarta, KabarBerita.id — Arab Saudi, Rusia, dan 35 negara lainnya telah menulis surat kepada Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB yang menyatakan mendukung kebijakan China di Provinsi Xinjiang. Hal itu cukup berseberangan dengan kritik yang diembuskan Barat terhadap Beijing terkait dugaan pelanggaran HAM di wilayah tersebut.

Selain Saudi dan Rusia, surat yang berhasil dilihat Reuters itu turut ditandatangani duta besar dari Korea Utara (Korut), Venezuela, Kuba, Belarus, Myanmar, Filipina, Suriah, Pakistan, Oman, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan sejumlah negara Afrika. Dalam surat tersebut, mereka mengapresiasi China dalam menangani isu terorisme di Xinjiang.

“Menghadapi tantangan besar terorisme dan ekstremisme, China telah melakukan serangkaian tindakan antiterorisme dan deradikalisasi di Xinjiang, termasuk mendirikan pusat-pusat pendidikan dan pelatihan kejuruan,” kata surat itu.

Dalam surat itu dikatakan keamanan telah kembali ke Xinjiang. HAM orang-orang dari semua kelompok etnis di sana pun telah dilindungi.

Surat tersebut turut menjelaskan tidak ada serangan teror yang terjadi di Xinjiang selama tiga tahun terakhir. Masyarakat di sana menikmati kebahagiaan dan keamanan yang lebih kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here