Michael Essien Pertimbangkan Pensiun

London, KabarBerita.id — Gelandang asal Ghana, Michael Essien, mengungkapkan kesiapannya untuk segera pensiun sebagai pesepakbola dalam waktu dekat. Seperti diketahui, saat ini Essien sebenarnya masih berstatus sebagai pemain Persib Bandung.

Namun lantaran kuota pemain asing sudah penuh dan tak masuk dalam skema pelatih Persib, Roberto Mario Carlos Gomez, Essien tak didaftarkan oleh tim Maung Bandung untuk Liga 1 musim ini. Kini, Essien meski terlihat tetap menjalani aktivitas di Bandung, namun dia juga kerap membagikan kegiatannya saat mengikuti kegiatan bersama mantan klubnya, Chelsea. Persib sendiri masih mencari opsi terbaik untuk Essien.

Teranyar, dia ikut serta dalam sebuah laga tribute untuk mantan penggawa timnas Inggris dan Chelsea, Ray Wilkins, 18 Mei lalu. “Gagasan untuk berhenti tidak sulit bagi saya, karena saya itu bahwa akan tiba saatnya saya sampai ke titik itu,” kata Essien, seperti dikutip dari ESPN.

“Bagian yang paling sulit adalah apa yang harus dilakukan setelah (pensiun) dari sepakbola,” tambah pemain berusia 35 tahun itu.

Mantan penggawa AC Milan ini pun menuturkan sangat menikmati setiap bagian dari perjalanan karier sepakbolanya. Apalagi, dia sudah mengecap banyak gelar prestisius di sepakbola. Di antaranya dua kali gelar juara Liga Primer Inggris (2005/06 dan 2009/10), empat kali Piala FA (2006/07, 2008/09, 2009/10, dan 2011/12), FA Community Shield (2009), dan Liga Champions Eropa (2011/12), yang kesemuanya diraih bersama Chelsea. Dia juga pernah menjuara Ligue 1 ketika memperkuat Olympique Lyon pada 2003/04 dan 2004/05.

“Saya melihat ke belakang dan tersenyum dengan bangga apa yang telah saya dapatkan,” ucap mantan pemain timnas Ghana itu.

“Secara pribadi saya benar-benar menikmati dan mencintai setiap bagian dari karier sepakbola saya. Saya tahu suatu hari akan berakhir dan ketika itu saya akan memiliki beberapa kenangan yang sangat indah,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here