Menkes: Diabetes Bisa Sebabkan Masalah Serius

Jakarta, KabarBerita.id — Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, memperingatkan masyarakat Indonesia terkait bahaya penyakit pada tubuh. Salah satunya penyakit diabetes yang tidak terkontrol dalam jangka waktu yang lama, yang menurutnya dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti komplikasi jantung serta gagal ginjal.

kondisi tersebut kemudian mengharuskan pasien untuk melakukan cuci darah sepanjang hidupnya. Kemudian Budi mengingatkan terkait konsumsi gula dalam takaran berlebihan juga dapat memicu penyakit diabetes yang menjadi salah satu penyakit yang mengalami tren kenaikan dari tahun ke tahun.

Ia menyebut penyakit gula merupakan ibu dari segala penyakit. Apabila kadar gula tidak terkontrol selama tiga hingga lima tahun pasti harus cuci darah atau dapat terkena stroke hingga serangan jantung.

Budi kemudian menggambarkan seorang penderita diabetes yang telah mengalami komplikasi gagal ginjal dan mengharuskan untuk melakukan cuci darah sekitar tiga hingga empat hari per minggu.
Dalam sekali cuci darah membutuhkan waktu tiga hingga empat jam. Menurutnya hal tersebut akan mempengaruhi kualitas hidup, produktivitas serta ekonomi si penderita.

Masalah kesehatan tersebut merupakan masalah bersama. Oleh karena itu sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan menteri kesehatan mengajak para kader kesehatan di kabupaten kota untuk menjadi pelopor kesehatan di masyarakat.

Para kader diharapkan aktif untuk melakukan kegiatan promotif dan preventif melalui edukasi sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat.

Mantan Wakil Menteri BUMN itu menyebutkan, tujuan gerakan ini agar masyarakat sadar akan pentingnya pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya khususnya empat penyakit tidak menular penyebab kematian tertinggi di Indonesia yakni jantung, stroke, diabetes, dan gagal ginjal.

Tinggalkan Balasan