Mahfud: Ada Dugaan Pencucian Uang di Kasus Panji Gumilang

Jakarta, KabarBerita.id — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menemukan ada dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) di kasus pimpinan pondok pesantren Al Zaytun Panji Gumilang.

Implikasi dari dugaan ini, Mahfud memastikan PPATK telah membekukan 145 dari 367 rekening yang memiliki kaitan dengan Panji Gumilang dan Al Zaytun.

“Kami sudah menyampaikan laporan baru kepada Polri. Yaitu tentang tindak pidana pencucian uang. Kami telah bekukan 145 rekening dari 367 rekening yang diduga menurut PPATK mempunyai kaitan dengan pesantren atau kegiatan Al Zaytun, kegiatan Panji Gumilang,” kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/7).

Meski demikian, Mahfud tak merinci berapa nominal dugaan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan oleh Panji Gumilang.

Mahfud hanya menjelaskan beberapa dugaan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan Panji di antaranya penggelapan, penipuan, pelanggaran aturan yayasan dan penyelewengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Mahfud juga memastikan kasus yang menimpa Panji Gumilang sudah masuk penyidikan di kepolisian. Ia mencontohkan kasus dugaan penistaan agama nanti akan dilanjutkan oleh pihak kepolisian.

“Karena sudah di penyidikan, mestinya peristiwanya sudah ada. Tinggal pelakunya siapa. Dan kita sudah bisa duga pelakunya siapa sih kan yang diperiksa dan disebutkan dalam kasus itu ya orang itu. Nanti mungkin dalam waktu tak terlalu lama,” kata dia.

Kuasa Hukum Panji Gumilang, Hendra Effendi meminta pemerintah menjelaskan soal tindak pidana pencucian uang yang diduga diarahkan pada kliennya tersebut.

Hendra berpendapat uang dalam rekening yang dibekukan bukan berarti diambil oleh aparat berwenang, melainkan sekadar ditahan agar tak mengganggu proses hukum yang berlangsung.

Namun, ia khawatir rekening yang dibekukan itu memiliki dampak pada keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di pesantren Al Zaytun nantinya.

Karenanya ia mengimbau kepada pemerintah untuk mempertimbangkan lagi dan lebih bijak dalam merespons polemik ini.

Panji Gumilang dan Ponpes Al Zaytun belakangan ini mendapat sorotan luas lantaran muncul dugaan ajaran menyimpang. Pesantren ini disorot sejak beredarnya video saf Salat Id campur antara perempuan dan laki-laki pada April lalu.

Selain itu, Panji Gumilang sempat melontarkan pelbagai pernyataan kontroversial yang dianggap menghina agama.

Mabes Polri kini telah membuka penyidikan dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan Panji Gumilang. Penyidik Bareskrim telah memeriksa Panji beberapa hari lalu.

Tinggalkan Balasan