Berita  

Lagi, Satu Petugas KPPS Wafat karena Kelelahan

Jakarta, KabarBerita.id — Pesta demokrasi lima tahunan, Pemilihan Umum 2019 kembali merenggut nyawa. Kali ini, satu orang petugas KPPS di Kabupaten Cirebon gugur dalam mengawal demokrasi.

“KPU baru saja mendapatkan data 1 orang meninggal pada tanggal 24 April. Anggota PPS dan PPK setelah selesai rekapan surat suara mereka kelelahan, ada yang rawat inap dan rawat jalan,” kata Komisioner KPU Kabupaten Cirebon, Khusnul Khotimah dikutip RMOLJabar, Kamis (25/4).

Berdasarkan data KPU Kabupaten Cirebon, petugas yang gugur sebanyak lima orang. Dua dari petugas KPPS dan tiga petugas linmas.

Khusnul menjelaskan, petugas yang gugur itu kebanyakan terjadi setelah hari pencoblosan. Sebab meninggalnya pada petugas juga karena kelelahan lantaran jam kerja merela melebihi 24 jam.

“Frekuensi kerja memang luar biasa untuk Pemilu 2019 ini. Dalam kerjanya petugas terus bekerja otak dan pikirannya, sedangkan normal jam kerja itu hanya 8 jam,” jelas Khusnul.

Ia melanjutkan, para petugas sudah mulai bersiap di TPS masing-masing sejak pukul 06.00 pagi hingga proses pencoblosan berakhir pada pukul 13.00 siang.

“Kalau masih ada antrean diteruskan sampai jam 4 seperti di Arjawinagun. Setelah itu hanya ada waktu istirahat untuk makan dan salat. Tidak sempat untuk mandi dan langsung diteruskan untuk menghitung surat suara. Ada yang sampai jam 6 pagi, jam 12 siang besoknya lagi,” imbuh Khusunul.

Tinggalkan Balasan