Berita  

KPK Berbagi Informasi Korupsi dengan Iran

Jakarta, KabarBerita.id — Duta Besar Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi menyatakan berbagi pengalaman dan bertukar informasi dalam pemberantasan korupsi, saat bertemu dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung KPK, Jakarta, Rabu.

“Kami menukar pengalaman pendidikan pemberantasan korupsi, itu sebabnya kami datang kemari bersama tim membagi pengalaman dan menempa pengalaman pemberantasan korupsi di Indonesia, hanya bertukar pengalaman pemberantasan korupsi,” kata Dubes Valiollah, seusai bertemu dengan pimpinan KPK.

Lebih lanjut ia menyatakan alasan memilih KPK untuk bertukar pengalaman pemberantasan korupsi, dikarenakan bahwa di negaranya juga mempunyai komisi yang sama seperti KPK.

“Karena kami punya komisi yang sama di Iran. Mereka ingin mengetahui pengalaman pemberantasan korupsi,” ujar Dubes Valiollah.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan dalam pertemuan juga sempat dibahas penguatan kerja sama ke depan dalam pemberantasan korupsi.

Khususnya, kata dia, terkait tindak lanjut kerja sama KPK dengan The General Inspection Organization (GIO) Iran, pertukaran “lessons learned” dan “best practises” program-program pemberantasan korupsi pada kedua negara.

“Seperti pengelolaan sumber daya alam minyak dan gas, pertanggungjawaban pidana korporasi serta kemungkinan kerja sama dalam hal pendidikan dan pelatihan dengan dibentuk Pusat Edukasi Antikorupsi atau ACLC KPK,” kata Febri.

Tinggalkan Balasan