Korea Utara Rilis Ponsel Merk ‘Samtaesong 8’

Jakarta, KabarBerita.id — Korea Utara baru saja merilis smartphone terbaru bernama ‘Samtaesong 8’. Ponsel pintar yang mirip dengan produk Samsung buatan Korea Selatan itu diperkenalkan dalam siaran stasiun TV Korea Utara, Korean Central Television (KCTV).

Dikutip dari The Korea Herald, menurut kamus Korea Utara, “samtaesong” merujuk pada “tiga bintang terang”, yaitu pendiri Korea Utara Kim Il-sung, istrinya Kim Jong-suk, dan putranya Kim Jong-il, yang melawan pendudukan Jepang.

Samtaesong 8 menampilkan desain yang mirip dengan smartphone yang diproduksi Samsung Electronics Korea Selatan atau Huawei buatan China. Samtaesong 8 memiliki kamera ganda di belakang dan satu di depan.

Belum bisa dipastikan apakah Samtaesong 8 diproduksi di Korea Utara atau diimpor dari China. Adapun selain Samtaesong 8, ponsel lainnya yang ada di Korea Utara di antaranya adalah Pyongyang Touch dan Arirang.

Smartphone di Korea Utara tidak memiliki akses internet selain intranet Korea Utara yang dapat diakses melalui kartu SIM.

Sementara itu, dalam sebuah foto yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea pada Rabu (12/7), pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terlihat menggunakan ponsel lipat yang mirip dengan Samsung Galaxy atau Huawei.

Menurut laporan lembaga nirlaba Stimson Center, sekitar 6,5 juta hingga 7 juta warga Korea Utara diperkirakan memiliki akses ke jaringan seluler.

Korea Utara diyakini mulai memperkenalkan jaringan seluler pada 2002. Namun, pemerintah Korea Utara belum benar-benar mengaplikasikannya hingga di tahun 2008 Koryolink, yang merupakan perusahaan patungan antara perusahaan telekomunikasi Mesir dengan Korporasi Pos dan Telekomunikasi Korea Utara, diluncurkan.

Tinggalkan Balasan