KIB: AHY Cocok Dampingi Anies Jadi Cawapres

Jakarta, KabarBerita.id — Tiga kelompok relawan bakal calon presiden Anies Baswedan yang tergabung dalam Kuning, Ijo, Biru (KIB) menilai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai sosok yang ideal mendampingi mantan gubernur DKI Jakarta itu dalam Pilpres 2024.

‘KIB’ digawangi oleh Koordinator Nasional (Kornas) Go Anies Sirajuddin Abdul Wahab, Kornas Forum Ka’bah Membangun (FKM) Habil Marati, Kornas Amanat Indonesia Sahrin Hamid. Mereka membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) sejak 1 Februari lalu.

“KIB dengan secara tegas melihat simpul aspirasi masyarakat adalah untuk menyambut bonus demografi. Maka tentu Anies Rasyid Baswedan harus didampingi Cawapres dari militer, yaitu AHY,” kata Kornas FKM Habil Marati di DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/6).

Habil pun mengaku sejak awal FKM terbentuk, mereka sudah menyatakan bakal mendukung cawapres Anies yang memiliki latar belakang militer lantaran akan mendukung cita-cita proklamasi yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia.

Ia juga menilai pada 2024 nanti, perlu ada gerakan yang mendukung perubahan lebih maju, baik dari aspek ekonomi, politik, hingga sosial dan budaya di Indonesia. Habil pun menilai wujud niat itu sesuai dengan wajah Demokrat, PKS, dan NasDem yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

“KIB memiliki keyakinan dan sikap yang tegas, bahwa meskipun KIB tidak memiliki kewenangan untuk mengusung. Tapi kami punya kewenangan untuk mendukung,” ujar Habil.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Nasional Go Anies Sirajuddin Abdul Wahab menilai AHY cocok sebagai pendamping Anies lantaran putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu berpotensial menggaet pemilih dari kalangan generasi milenial dan Gen Z.

“Dari kacamata kami, Go Anies, berharap bahwa yang bsia mewakili bahasa kaum milenial yaitu adalah Mas AHY,” ujar Sirajuddin.

Dengan demikian, Go Anies berharap deklarasi Cawapres Anies segera dilakukan. Ia pun memastikan dalam waktu dekat ‘KIB’ akan bertemu dengan NasDem dan PKS untuk membahas soal pengusungan Anies pada Pilpres 2024.

Anies sebelumnya telah dideklarasikan sebagai bakal capres dari KPP yang digawangi oleh Partai NasDem, Demokrat, dan PKS. Namun, hingga kini mereka masih belum mengumumkan sosok cawapres yang akan mendampingi Anies nantinya.

Teranyar, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan Anies telah menyampaikan satu nama kandidat cawapresnya kepada ketiga elite parpol KPP.

Ia belum bisa memastikan kapan Anies dan cawapresnya diumumkan ke publik. Dia hanya mengatakan ada tenggat waktu yang disepakati, yakni maksimal pada 16 Juli mendatang.

Sebelum mengerucut ke satu nama, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman beberapa waktu lalu sempat mengungkapkan cawapres Anies telah mengerucut kepada tiga nama. Di antara tiga kandidat yang disebutkan ialah AHY, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Tinggalkan Balasan