Kiat Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Pancaroba

Jakarta, KabarBerita.id — Batuk, pilek dan demam merupakan salah satu dari beberapa penyakit yang sering dialami ketika musim pancaroba tiba. Keluhan terhadap penyakit ini seringkali muncul terutama ketika saat masa peralihan dari musim kemarau ke musim pancaroba.

Peralihan musim seperti ini umumnya terjadi tiap tahun dan secara otomatis hal ini akan berpengaruh terhadap reaksi tubuh kita. Tubuh akan berusaha keras untuk beradaptasi dengan temperatur sekitar. Di saat itulah daya tahan pun menjadi berkurang dan tubuh menjadi sakit.

Perubahan cuaca memang tidak dapat dihindari namun bisa diantisipasi dengan berbagai kebiasaan baik supaya daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit.

Berikut kiat supaya tetap sehat ketika musim pancaroba

1. Mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang

Jaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan posisi seimbang. Berusaha batasi konsumsi makanan yang mengandung kalori berlebihan.

2. Melakukan aktivitas olahraga secara teratur

Konsumsi makanan bergizi saja belum cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda harus wajib berolahraga secara rutin supaya tubuh tetap sehat.

3. Menyiapkan waktu tidur yang cukup

Daya tahan tubuh juga berkaitan dengan waktu tidur yang cukup karena tubuh melakukan regenerasi sel dan memproduksi antibodi secara maksimal ketika sedang tidur. Maka dari itu, anda harus memiliki waktu tidur yang cukup supaya daya tahan tubuh tetap terjaga.

4. Mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh

Konsumsi suplemen sangat penting bagi kesehatan karena belum tentu makanan sehari-hari dapat memenuhi kebutuhan gizi secara optimal.

Tinggalkan Balasan