Berita  

Kedutaan Italia Untuk Indonesia Gelar Pameran Pengetahuan Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Jakarta, KabarBerita.id — Beberapa koleksi ditampilkan pada pameran yang digelar dengan tema “Italy: The Beauty of Knowledge” di Museum Nasional Jakarta, Selasa (5/3) petang. Pameran ini akan berlangsung hingga 31 Maret 2019.

Dutabesar Italia untuk Indonesia, Vittorio Sandalli mengatakan 70 tahun hubungan Indonesia dan Italia dengan menggelar pameran tersebut tidak hanya dilakukan di Indonesia, melain kan juga di Italia.

“Italia dan Indonesia memiliki nilai-nilai yang sama, memiliki kerjasama yang baik, bahkan belakangan ini hubungannya semakin memikat dengan adanya kunjungan dari petinggi-petinggi Itali juga pada tahun 2015 seperti kunjungan Presiden Italia (Sergio Mattarella) ke Indonesia,” ungkap Dubes Sandalli.

Hubungan yang semakin erat tersebut membuat pihaknya mempersembahkan koleksi dari empat museum ilmu pengetahuan Italia. Yaitu, Fondazione Idis-Citta della Scienza di Naples, Museo Galileo Galilei di Florence, Museo delle Scienze – Muse di Trento, dan Museo Nazionale Scienza e Tecnologia Leonardo da Vinci di Milan.

Untuk diketahui, “Italy: Teh Beauty of Knowledge” memiliki konsep paviliun dengan luas 400 meter persegi dan ketinggian 5,5 meter. Dari pameran ini AGORA akan menjadi pusat perhatian pengunjung melalui keindahan struktur uniknya yakni sebuah ruang melingkar yang dibangun dengan balok-balok bangunan berdiameter 8 meter, dan tinggi 4,50 meter.

“Dalam hal ini, Italia dapat menyediakan beragam dukungan bagi Indonesia dan pameran ini diharapkan dapat membantu pengunjung mempelajari dan memahami sejumlah aspek di Italia,” tandas Dubes Sandalli.

Kurator Pameran, Luca Mosele mengatakan pengunjung akan melihat berbagai keunggulan ilmiah dari Italia, dan teknologi canggih mulai dari tema kesehatan, lingkungan, ruang angkasa, pangan, serta warisan budaya.

Dari pameran ini dapat dipelajari dan dipahami sejumlah aspek Italia, seperti fakta bahwa Italia memiliki industri terbaik kedua di Eropa dan ketujuh di dunia, selain itu Italia merupakan yang terdepan dalam hal keamanan pangan dan pertanian, terbaik di Uni Eropa dalam hal rendahnya pengeluaran emisi yang berdampak pada perubahan iklim (low climate-changing emissions).

Adapun fakta bahwa Italia merupakan produsen obat-obatan terbesar Uni Eropa, mengekspor hampir 80 persen produksi dalam negeri, atau fakta bahwa industri kedirgantaraan Italia merupakan salah satu yang paling maju di dunia dan telah berkontribusi terhadap 50 persen peralatan dengan volume bertekanan tinggi yang digunakan di International Space Station.

“Pengunjung akan merasakan pengalaman ruang interaktif yang menggabungkan komponen virtual dan fisik untuk menampilkan kedinamisan dan keindahan perjalanan pengetahuan penelitian yang dilakukan di Italia,” paparnya.

Selain itu, Atase Ilmu Pengetahuan Nicola Bianchi mengatakan, pameran ini menampilkan aspek non-tradisional, kreatif, dinamis yang membentuk menggabungkan penegetahuan dengan tradisi artistik serta gaya hidup masyatakat Italia.

“Dari lima pameran, ‘Reinaissance Spirit’ merupakan komponen yang penting dan signifikan dari penelitian dan inovasi masa lalu dan masa kini di Italia, dan sebagai model budaya yang akan disebarluaskan ke seluruh dunia,” kata Bianchi.

Tinggalkan Balasan