Berita  

Indonesia Dinilai Sanggup Tampung Pengungsi Rohingya

Jakarta, KabarBerita.id — Pengungsi Rohingya yang terusir dari kampungnya di daerah Rakhine, Myanmar, bisa ditampung di Indonesia sebagaimana pernah dilakukan pemerintah Indonesia terkait pengungsi perang Vietnam beberapa dekade lalu.

“Dulu kita pernah membuka satu pulau menerima khusus pengungsi Vietnam, dan saya pikir sebagai negara demokrasi terbesar ketiga, ini harus segera dilakukan pemerintah, membuka Pulau Galang lagi atau pulau apapun untuk menerima pengungsi Rohingya di Indonesia,” kata Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Nurhayati Ali Assegaf dalam rilis, Rabu (13/9).

Nurhayati Ali Assegaf menyatakan hal tersebut setelah menerima perwakilan Badan PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Thomas Vargas, di Gedung DPR RI, Jakarta, 12 September 2017.

Politisi Partai Demokrat itu memaparkan, saat ini ada sekitar 300 ribu pengungsi Rohingya sudah tiba di Bangladesh dengan kondisi sangat memprihatinkan akibat keterbatasan pasokan pangan, air bersih dan obat-obatan.

Untuk itu, ujar dia, BKSAP DPR bersama-sama dengan UNHCR akan berkunjung ke Bangladesh untuk melihat langsung kondisi di tempat pengungsian di mana para pengungsi itu ditampung saat ini.

Nurhayati juga mendukung pernyataan PBB yang mendesak pemerintah Myanmar untuk memberikan status kewarganegaraan kepada etnis Rohingya, serta akses bertempat tinggal sebagaimana tercantum dalam perjanjian HAM.

Sedangkan melalui diplomasi parlemen, ia juga mendorong semua parlemen berbagai negara untuk membantu menyelesaikan bencana kemanusiaan yang menerpa Rohingya.

Tinggalkan Balasan