Berita  

Idul Adha, Sahabat Yatim Distribusikan Bakso Kurban

Tangerang Selatan, KabarBerita.id – Lembaga sosial Sahabat Yatim Indonesia mengelola kurban menjadi lebih praktis menjadi bakso kurban.

Bakso Kurban (Soban) merupakan alternatif pendistribusian kurban menjadi lebih praktis dan juga dapat menjangkau hingga ke pelosok. Soban juga diharapkan mampu memenuhi gizi anak yatim, janda dan dhuafa di daerah binaan Sahabat Yatim.

“Masyarakat juga tidak perlu repot lagi dalam mengelola kurban sebab Soban sudah siap dimakan dan higienis. Masyarakat tidak perlu repot-repot memotong, mencuci dan memasak lagi yang bisa jadi memakan biaya tambahan yang dianggap memberatkan,” kata Direktur Sahabat Yatim, Ikhsan, Rabu (2/8).

Menurutnya, program Soban ini juga dilatarbelakangi dari anak-anak yatim dan dhuafa juga keluarga banyak menggemari produk olahan bakso ini. Dengan adanya program Soban ini juga kurban yang biasanya hanya bisa dikonsumsi pada hari H dan hari tasyrik, kini bisa lebih optimal, tepat sasaran dan tahan lama.

“Seperti kita ketahui, potensi daging kurban bisa mencapai jutaan ton per tahunnya. Namun sangat disayangkan jika jutaan ton daging itu harus segera dihabiskan,” kata dia.

Kurban Sahabat Yatim sendiri meningkat setiap tahunnya. Di tahun ini, target lebih dari 100 ekor sapi yang akan disalurkan. Sebagian daging kurban akan dijadikan Soban, sementara sebagian lainnya dibagikan langsung ke masyarakat sekitar juga untuk program Nyate Bareng Yatim.

Pendistribusian Soban nantinya tak hanya untuk anak yatim, janda dan dhuafa binaan, tapi juga dapat disalurkan ke berbagai pesantren yang berada di pelosok daerah. Pendistribusian ini nantinya akan dimulai di daerah tertinggal seperti di Kabupaten Tanggerang dan daerah sekitar binaan Sahabat Yatim.

Pada program bakso kurban (Soban) yang dijalankan oleh lembaga Sahabat Yatim, juga mengandung unsur pemberdayaan untuk usaha kecil di sekitar daerah binaan. Menurut Direktur Sahabat Yatim, Ikhsan, pihaknya menggandeng usaha kecil penggilingan bakso, usaha kecil pencetakan bakso dan juga usaha kecil pembuatan bakso secara manual.”Alhamdulillah sudah kali ketiga kami menggandeng usaha kecil seperti ini dan diharapkan akan lebih establish,” ujar Ikhsan.

Soban bertujuan agar daging kurban menjadi produk olahan yang tahan lama. Dengan begitu, dua tujuan mendasar kurban dapat tercapai, yakni menyantuni kaum miskin dan memberdayakan ekonomi masyarakat.

Kurban tetap dipotong sesuai hukum berkurban yakni sampai hari ketiga Idul Adha. Namun, jangkauan penerimanya lebih luas dan tidak terkendala ruang atau komunitas di sekitar rumah orang yang berkurban.

Tinggalkan Balasan