Hindari Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Usus Buntu

Jakarta, KabarBerita.id — Terdapat beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan radang usus buntu. Kebiasaan penyebab usus buntu ini terkait dengan pola makan sehari hari.

Penyakit usus buntu merupakan Peradangan pada usus buntu yang terletak di Sisi kanan bawah perut. Peradangan terjadi ketika usus buntu there Sumbat oleh kotoran, benda asing atau tumor.

Selain itu penyumbatan juga dapat terjadi karena infeksi. Pembengkakan radang usus buntu dapat menjadi respons tubuh dalam menghadapi infeksi.

Kondisi ini yang memicu timbulnya sakit perut di dekat pusat yang kemudian bergerak ke kanan bawah perut. Anda harus waspada karena kondisi seperti ini bisa memperburuk dalam hitungan jam.

Melansir Healthline, gejala usus buntu yang lain mungkin dirasakan yakni mual, muntah, sembelit atau diare, tidak bisa kentut, hilang nafsu makan, demam, perut bengkak serta ingin buang air besar.

Maka dari itu penting untuk mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan usus buntu seperti berikut yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Sering menahan kentut

Kebiasaan yang sering dianggap sepele namun nyatanya dapat memicu radang usus buntu.

Ketika menahan kentut khas yang berada di dalam saluran pencernaan menjadi ikut tertahan. Hal ini menyebabkan dinding usus menjadi tipis sehingga meningkatkan resiko Peradangan pada usus buntu.

2. JarangĀ buang air besar

Kebiasaan ini dapat membuat kotoran menumpuk dan mengeras yang menyebabkan usu buntu tersumbat. Lama kelama’an bakteri kemudian akan berkembang di dalamnya sehingga menyebabkan Peradangan usus buntu.

3. Jarang mencuci tangan

Apabila tidak rajin mencuci tangan akan ada banyak kuman ataupun cacing yang bisa bertahan di tangan serta tertelan tanpa disadari.

Kuman dan cacing yang tertelan ini dapat menyebabkan infeksi saluran cerna yang bisa berbahaya.

4. Mengonsumsi dagingĀ olahan

Daging olahan memiliki senyawa yang dapat membuat usus buntu meradang. Makanan Kalengan ini juga dapat meningkatkan resiko kanker perut dan usus.

5. Sering terpapar polusi udara

Sebuah studi oleh Environmental Health Perspectives mengungkapkan bahwa terpapar polusi udara dapat meningkatkan risiko usus buntu meradang. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh tingkat ozon yang tinggi sehingga membuat Anda lebih rentan terinfeksi bakteri dan virus.

Saat tubuh terinfeksi, bakteri atau virus dapat menyebar ke usus buntu sehingga membuatnya meradang.

6. Sering jajan sembarangan

Jajan sembarangan tentunya merupakan kebiasaan yang dapat menyebabkan radang usus buntu. Hal ini didorong oleh faktor kebersihan makanan yang tidak terjamin dan mungkin terkontaminasi kuman.

Tinggalkan Balasan