Gubernur Sumbar Lepas 4 Ribu Ikan Bilih Hasil Pembenihan PT. Semen Padang, Selamatkan dari Kepunahan

Jakarta, KabarBerita.id — Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, bersama Plt. Direktur PT. Semen Padang Asri Mukhtar Dt. Tumanggung, dan Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Tafdil Husni, Bersama dengan masyarakat melepas 4000 bibit ikan bilih di Nagari sumur kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar.

Kelepasan ikan endemik danau Singkarak ke habitat aslinya tersebut telah menjadi rangkaian peringatan hari ulang tahun PT semen Padang yang ke 112.

Gubernur dalam sambutannya mengapresiasi Kepedulian dan perhatian PT semen Padang yang tidak hanya berfokus pada bisnis akan tetapi juga menyikapi persoalan di Sumatera Barat seperti menyikapi persoalan menurunnya populasi ikan bilih di danau Singkarak.

Gubernur juga memberi apresiasi wali Nagari Sumpur Ade Sari Pado, Yang telah memberikan perhatian khusus untuk kelestarian ikan pilih yang turut membantu perekonomian masyarakat dengan menumbuhkan kearifan lokal untuk menjaga danau dan populasi pilih dengan melarang keramba serta Eksploitasi secara besar besaran.

Plt. Dirut PT. Semen Padang, Asri Mukhtar Dt. Tumanggung, Mengatakan apa yang dilakukan PT semen Padang berawal dari Keprihatinan semakin menurunnya populasi ikan Endemic danau Singkarak, Sehingga PT semen Padang bekerja sama dengan UBH Sebagai satu-satunya universitas yang memiliki jurusan perikanan.

Program ini akan Dilakukan hingga tahun 2025 mendatang.

Sementara itu, Rektor UBH, Tafhdil Husni, menyebut kegiatan yang merupakan sinergi pemerintah, swasta dan masyarakat ini akan memberi dampak positif bagi ekonomi masyarakat.

Tinggalkan Balasan