Berita  

Gatot tak Yakin Pemerintah Berani Larang Tema Politik di Masjid

Yogyakarta, KabarBerita.id — Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yakin pemerintah tidak akan melarang penyampaian tema-tema politik di masjid.

“Tidak mungkin pemerintah melarang itu, ‘ndak’ mungkin. Itu hanya tanggapan-tanggapan,” kata Gatot usai berbicara dalam Dialog Kebangsaan bertajuk “Menjaga Perdamaian dan Kesatuan Bangsa Indonesia” di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat sore.

Menurut Gatot, jika harus dilarang, yang dilarang untuk disampaikan di masjid adalah ujaran-ujaran yang mengadu domba serta menghasut ke arah yang tidak benar. “Kalau politik, politik itu tujuannya mulia, hanya disalahartikan saja,” kata dia.

Ia mengatakan berbagai bidang ilmu mulai dari kedokteran, perbintangan, hingga politik seluruhnya ada di dalam Al-Quran. Oleh sebab itu, ia menilai aneh jika politik dilarang di masjid, pasalnya surat-surat Al-Quran juga ada yang membahas mengenai pemerintahan.

“Sekarang, masjid ini, contohnya akan melaksanakan shalat tarawih, di mana sepanjang bulan Ramadhan ini tarawihnya (membaca surat Al-Quran) sampai 30 juz. Di masjid tidak boleh politik kan, imamnya membacakan surat An-Naml, surat semut, Nabi Sulaiman, itu kan (tentang) pemerintahan kan, (bisa) ditangkaplah dia,” kata dia.

Tinggalkan Balasan