Fumio Kishida Bakal Perdana Menteri Baru Jepang

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Pemilihan ketua partai berkuasa, Demokrat Liberal (LDP), pada Rabu (29/9) dimenangkan oleh Mantan menteri luar negeri Jepang, Fumio Kishida.

Kishida hampir dipastikan akan menjadi perdana Menteri baru Jepang atas kemenangan ini untuk menggantikan Yoshihide Suga.

Usai pemilihan ketum LDP, Kishida dalam pidatonya berjanji akan melakukan transformasi pada partainya itu dan menggelar pemilihan umum dalam beberapa minggu ke depan.

Kishida juga berjanji akan memerangi pandemi Covid-19 yang selama ini merusak perekonomian Jepang.

Dengan berakhirnya pemilihan pimpinan LDP ini, Kishida mengajak semuanya untuk menghadapi pemilihan majelis rendah dan majelis tinggi sebagai satu kesatuan.

Ia mengajak semuanya bekerja keras dalam memerangi covid-19 dengan tekad kuat dan perlunya menyusun paket stimulus puluhan triliyun yen di akhir tahun ini karena krisis nasional terus berlanjut.

Dalam pemilihan ketum LDP, Kishida mengalahkan Taro Kono dalam putaran kedua. Pada Putaran pertama, dua pesaing wanita Seiko Noda dan Sanae Takaichi telah gugur karena kalah suara.

Kono sempat digadang-gadang sebagai kandidat kuat sebelum pemilihan berlangsung. Namun Kishida yang merupakan politikus senior yang terkenal dengan sifat lembutnya keluar sebagai lemenang pada putaran kedua usai memperoleh 257 suara. Sedangkan Kono memeperoleh 170 suara.

Pemilihan ini diselenggarakan karena PM Suga menyatakan tidak akan mencalonkan diri lagi untuk periode keduanya.

Pengganti Suga di kursi ketum LDP sudah bisa dipastikan sebagai PM Jepang dikarenakan di majelis rendah parlemen partai tersebut mempunyai mayoritas suara.

Pada pemungutan suara diparlemen 4 Oktober nanti, Kishida akan dikukuhkan sebagai perdana menteri baru Jepang. Ia kemudian akan memimpin LDP di pemilihan umum yang wajib digelar pada November mendatang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan