Dokter Jelaskan Keamanan Konsumsi Daging Hewan Terpapar PMK

  • Bagikan
Menguak Rumah Bordil Hewan untuk Turis

Jakarta, KabarBerita.id — Penyakit mulut dan Kuku yang sedang menyerang hewan seperti sapi dan kambing menimbulkan keresahan. Banyak orang bertanya apakah daging terinfeksi aman untuk dikonsumsi atau tidak.

Sebelumnya menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan bahwa sebagian daging yang terinfeksi masih dapat dikonsumsi kecuali bagian tertentu seperti mulut Jeroan dan lidah yang dinilai tidak layak makan.

Namun benarkah penting hewan yang terkena PMK masih layak untuk dikonsumsi?

Dokter spesialis gizi dan nutrisi rs Siloam, Inge Permadhi mengatakan bahwa pada dasarnya PMK tidak memberikan pengaruh terhadap kandungan gizi dalam penting yang dikonsumsi.

Menurutnya rekomendasi yang menyebutkan bahwa tapi masih bisa dikonsumsi dibuat berdasarkan ada gizi dan protein yang dinilai masih aman.

Namun demikian ia juga menyarankan untuk masyarakat untuk mencari tahu apakah bakteri tersebut dapat hilang ketika proses pemanasan yang dalam hal ini adalah memasak.

Ia sudah menyarankan supaya masyarakat memasak daging hewan dengan matang supaya berbagai bakteri dan virus bisa benar benar mati apalagi ditengah merebaknya PMK.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan