Cara Ampuh Mengusir Kantuk saat Salat Tarawih

Jakarta, KabarBerita.id — Salah satu pengalaman ibadah terbaik di bulan Ramadhan adalah melaksanakan salat Tarawih. Namun, tak sedikit umat Muslim yang mengantuk di tengah pelaksanaan Tarawih.

Lantas bagaimana cara menghadapi rasa mengantuk saat Tarawih?

Rasa lapar dan haus, ditambah aktivitas pada siang hari bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa kantuk. Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan agar tak mengantuk saat salat Tarawih.

1. Buka puasa dengan asupan sehat
Sebelum salat Tarawih, sebaiknya Anda berbuka puasa dengan makanan dan minuman sehat. Mengonsumsi banyak makanan berminyak bisa membuat tubuh menjadi lesu.

Jika Anda tak bisa menahan godaan makanan berminyak, maka cobalah seimbangkan asupan dengan buah dan beragam sumber protein lainnya. Hal ini akan membuat Anda tetap aktif.

2. Hindari makan berlebihan
Untuk menebus waktu berpuasa yang panjang, kita biasanya cenderung makan dalam porsi yang lebih besar. Hal ini kemudian menyebabkan rasa kembung dan kantuk.

Untuk menghindari hal ini, yang bisa dilakukan adalah tetap berpegang pada porsi makan Anda sebelum Ramadhan. Misalnya, jika Anda terbiasa makan hanya dua porsi nasi setiap hari, maka ikuti pola yang sama untuk berbuka puasa.

3. Tetap terhidrasi
Hidrasi adalah kunci kesehatan selama Ramadhan. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda minum air dalam jumlah yang cukup setelah seharian berpuasa.

Hal ini penting mengingat cuaca yang panas dan kemungkinan dehidrasi yang lebih tinggi.

Trik lainnya adalah hindari terlalu banyak gula karena dapat membuat tubuh dehidrasi dengan cepat. Bawalah selalu botol air, dan beristirahatlah sejenak untuk minum secara berkala.

4. Olahraga ringan
Berolahraga ringan termasuk salah satu cara menghadapi rasa mengantuk saat Tarawih. Tarawih merupakan salat yang panjang dan dapat melelahkan, terutama setelah berpuasa dalam waktu yang lama.

5. Istirahat cukup
Idealnya anda harus beristirahat yang cukup sepanjang hari agar siap untuk salat Tarawih. Namun hal ini mungkin sulit dilakukan karena sebagian besar dari kita harus menghadiri kelas atau bekerja di siang hari.

Dalam hal ini, cobalah untuk tidur siang sejenak setelah salat. Hal ini akan menyegarkan tubuh dan terasa seperti pahala yang diraih setelah menyelesaikan salat Tarawih.

Selain itu, jika Anda tidak salat di masjid, Anda juga dapat mengambil jeda sejenak di antara waktu salat untuk beristirahat.

Tinggalkan Balasan