Info  

Berikut Efek Samping Vaksin Pfizer Pada Tubuh

Jakarta, KabarBerita.id — Selain Sinovac, AztraZeneca, Moderna, di Indonesia juga tersedia Vaksin Covid-19 merek Pfizer.

Vaksin Pfizer diproduksi Pfizer,Inc dan BioNTech dengan nama BNT162b2 yang merupakan vaksin tipe mRNA. Vaksin ini direkomendasikan untuk usia lebih dari 12 tahun.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan berdasar data dari produsen, Vaksin Pfizer atau BNT162b2 terbukti 95 persen efektif tergadap Covid-19 dalam uji klinis skala besar.

Vaksin ini sama dengan obat-obatan lain, yaitu memiliki efek samping. Namun efek samping vaksin Pfizer relatif ringan.

Gejala reaktogenisitas atau efek samping yang vaksin Pfizer dalam tujuh hari adalah umum dan sebagian besar ringan. Efek samping yang ditimbulkan dapat mempengaruhi aktifitas sehari-hari seseorang pada sebagian kecil orang.

Efek samping di area suntikan:

Rasa sakit

Kemerahan

Pembengkakan

Efek samping pada tubuh:

Kelelahan

Sakit kepala

Nyeri otot

Panas dingin

Demam

Mual

Kemudian seperti dikutip dari CDC, setelah penyuntikan dosis kedua, akan memberikan efek samping seperti demam, kedinginan, kelelahan, dan sakit kepala.

Efek samping ini bisa hilang setelah beberapa hari. Untuk mengatasi hal tersebut maka disarankan minum paracetamol jika demam, istirahat yang cukup, dan minum air putih yang banyak.

Tinggalkan Balasan