Beri Peringatan ke Amerika, Adik Kim Jong Un: Berhenti Bertindak Bodoh

Jakarta, KabarBerita.id — Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yakni Kim Yo Jong memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak “bertindak bodoh” yang bisa membahayakan keamanan Washington.

“Amerika Serikat harus menghentikan tindakan bodoh mereka yang memprovokasi Korea Utara, yang bisa membahayakan keamanan mereka,” kata Kim dalam sebuah pernyataan yang dirilis media Korut, KCNA, seperti dikutip Reuters, Senin (17/7).

Kim menyampaikan peringatan ini untuk mengkritik rencana AS yang ingin membawa kapal selam rudal balistik bersenjata nuklir ke Korea Selatan.

Ia menyebut langkah semacam itu bakal meningkatkan “upaya pencegahan lebih lanjut” yang hanya akan mendorong Pyongyang semakin ogah melakukan negosiasi damai.

AS memang berjanji mengirim kapal selam rudal balistik berkemampuan nuklir ke Korsel lewat Deklarasi Washington yang disepakati Presiden Korsel Yoon Suk Yeol dan Presiden AS Joe Biden selama pertemuan mereka di Washington pada April lalu.

Pengiriman itu diklaim dilakukan untuk meningkatkan “jarak pandang normal” terhadap aset strategis di Semenanjung Korea.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kim juga menegaskan bahwa AS salah jika berpikir Korut bakal melakukan perlucutan senjata meskipun mereka menangguhkan sementara latihan militer bersama hingga memberikan keringanan sanksi.

“Ini adalah angan-angan AS untuk berpikir bahwa mereka bisa menghentikan kemajuan Korut,” kata Kim.

Pernyataan Kim ini juga disampaikan tak lama setelah penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan bahwa AS khawatir Korut berencana melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) lagi, setelah pekan lalu menembakkan ICBM di lepas pantai timurnya.

Pada 12 Juli lalu, Korut memang melancarkan uji coba rudal jarak jauh di lepas pantai timur, menjelang pertemuan Korsel-Jepang di sela-sela KTT NATO di Vilnius, Lithuania.

Jepang pelaporan rudal Pyongyang terbang selama 74 menit ke ketinggian 6 ribu kilometer dengan jangkauan seribu kilometer.

Menurut pejabat pertahanan Jepang, peluncuran kali ini menjadi rekor terlama rudal Korut terbang selama ini.

Tinggalkan Balasan