Benarkah Kaki Gatal adalah Tanda Alami Diabetes?

Jakarta, KabarBerita.id — Di antara gejala umum diabetes yang dikenal, seperti luka yang sulit sembuh, ternyata kaki gatal juga bisa menjadi salah satunya. Para penderita diabetes sering mengalami rasa gatal pada kaki, yang bisa disebabkan oleh sirkulasi yang buruk atau neuropati diabetik.

 

American Diabetes Association bahkan menyatakan bahwa masalah kulit bisa menjadi salah satu tanda awal diabetes.

 

Kaki gatal pada penderita diabetes bisa dipicu oleh buruknya sirkulasi atau kerusakan pada saraf di tungkai dan kaki. Tingginya kadar gula darah berkontribusi pada kedua kondisi ini.

 

Diabetes yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang pada gilirannya dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti haus yang berlebihan, rasa lapar yang terus-menerus, sering buang air kecil, dan penglihatan kabur.

 

Menurut Healthline, sebuah studi pada tahun 2021 terhadap 109 orang dewasa penderita diabetes tipe 2 menemukan bahwa 36 persen dari mereka mengalami gatal-gatal. Gejala ini juga diketahui memiliki dampak negatif pada kualitas hidup peserta penelitian tersebut, sering kali disebabkan oleh penanganan diabetes yang tidak efektif.

 

Penyebab kaki gatal pada diabetes bisa bervariasi. Salah satunya adalah peningkatan kadar gula darah akibat berbagai faktor, seperti lupa minum obat diabetes, konsumsi karbohidrat berlebihan, stres kronis, kurang aktivitas fisik, atau infeksi dan penyakit lainnya.

 

Gula darah tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk kerusakan saraf dan penurunan aliran darah di kaki. Ini dapat menyebabkan kondisi seperti neuropati perifer diabetik dan penyakit arteri perifer.

 

Neuropati perifer diabetik adalah kerusakan pada serat saraf di kaki yang bisa menyebabkan mati rasa, sensasi kesemutan atau terbakar, serta rasa gatal. Sementara itu, penyakit arteri perifer merupakan gangguan sirkulasi darah yang dapat menyebabkan kulit kering dan rentan terhadap luka yang sulit sembuh.

 

Untuk mengatasi kaki gatal pada diabetes, beberapa langkah yang bisa diambil antara lain:

 

– Mengonsumsi obat diabetes sesuai dengan resep dokter

– Berolahraga secara teratur

– Memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang

– Menggunakan pelembab pada kulit kaki secara teratur, terutama setelah mandi

– Mandi dengan air hangat

– Menghindari penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras

– Mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak mengiritasi kulit

– Tidak menggunakan lotion di antara jari-jari kaki

– Membersihkan sisa air di lipatan kulit atau di antara jari-jari kaki setelah mandi.

Tinggalkan Balasan