Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Mata Minus

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Mata minus dikenal juga dengan miopi atau rabun jauh adalah gangguan mata karena kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari.

Kita perlu menghindari kebiasaan buruk tersebut karena akan menyebabkan mata minus dan harus menggunakan alat bantu seperti kacamata untuk melihat objek yang jauh.

Dikutip data AOA bahwa 40 persen orang mengalami miopi dan jumlah ini selalu meningkat terutama anak-anak. 1 dari 4 orang tua memiliki anak dengan mata minus.

Berikut kebiasaan buruk tersebut :

1. Membaca jarak dekat

Kebiasaan membaca jarak dekat adalah salah satu penyebab mata minus. Membaca tentunya baik, namun harus diperhatikan untuk tidak membaca terlalu dekat dengan waktu yang lama.

2. Melihat layar terlalu dekat

Bermain hp, menonton tv, dan bermain komputer dengan jarak yang dekat akan membuat mata menjadi miopi jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Hal tersebut karena cahaya yang terpancar membuat degenerasi makula parah atau kehilangan penglihatan.

3. Kurang tidur

Kurang tidur dapat menimbulkan ketegan pada mata sehingga menyebabkan kelelahan mata, mata merah, kehilangan penglihatan hal tersebut berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Nature.

Waktu tidur yang baik adalah anak-anak 10-12 jam perhari sedangkan dewasa 7-9 jam perhari.

4. Menggosok mata

Menggosok mata adalah hal yang harus dihindari karena kebiasaan buruk tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi mata, konjungtivitis alergi, keratoconus, dan juga mata minus.

5. Cahaya redup

Remang-remang atau penggunaan cahaya redup juga menyebabkan mata minus. Hal tersebut karena cahaya redup membuat mata mesti bekerja lebih fokus sehingga menyebabkan ketegangan pada mata dan bisa menyebabkan kelelahan.

Kita harus menghindari kebiasaan buruk tersebut agar mata tetap sehat. Imbangi pula melihat jarak dekat dengan berkedip dan melihat objek yang jauh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan