Berita  

Apa Kata Media Italia Soal Kegagalan ke Piala Dunia?

Milan, KabarBerita.id — Pers Italia pada Selasa (14/11) meratapi kegagalan skuat tim nasional sepak bola mereka lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 60 tahun dan menyebutnya sebagai malapetaka olahraga.

“Italia, ini kiamat,” menurut sebuah tajuk utama di situs olahraga harian Gazzetta dello Sport sesaat setelah pertandingan imbang 0-0 pada Senin (13/11) malam setempat melawan Swedia di laga kedua putaran playoff Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Hasil imbang tanpa gol tersebut membuat Swedia lolos berkat kemenangan 1-0 di laga pertama pada Jumat (10/11).

“Peluang yang terbuang, sedikit nasib buruk tetapi tanpa gol dalam 180 menit melawan Swedia, yang akan pergi ke Rusia,” demikian Gazzetta mendakwa Italia kurang berusaha untuk lolos kualifikasi.

“Wasit menolak penalti, tetapi lawan kami seharusnya mendapatkan dua (penalti),” menurut koran tersebut.

Harian olahraga utama lainnya, Corriere dello Sport, menulis “Italia keluar dari Piala Dunia,” dan menggarisbawahi betapa menyakitkan bagi negara itu hanya bertindak sebagai penonton Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni mendatang.

“Hanya dalam waktu beberapa bulan saja kita hanya akan menonton Piala Dunia: untuk pertama kalinya dalam 60 tahun kita tidak akan berpartisipasi,” tulis harian tersebut.

“Itu adalah hal memalukan yang paling tidak bisa ditoleransi dalam sepak bola, noda yang tak bisa dihapuskan,” tambah Corriere dello Sport.

“Semuanya berakhir. Kiamat, tragedi, malapetaka. Sebut apapun yang Anda mau, tapi tolonglah, izinkan kami berbicara tentang sistem yang tak berjalan: sepak bola kita dalam situasi krisis serius meski seharusnya tidak inferior terhadap Swedia ataupun Swiss.”

Sebuah laman berita kiri-tengah, La Repubblica, menuliskan tajuk singkat: “Selamat Tinggal Rusia”, sedangkan harian lokal Torino, La Stampa: “Petaka bagi Italia, kita tidak akan ke Piala Dunia.”, demikian AFP.

Tinggalkan Balasan