Anies Baswedan Janji Cuti 40 Hari untuk Suami saat Istri Melahirkan

Jakarta, KabarBerita.id — Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, berkomitmen memberikan cuti selama 40 hari bagi suami ketika istri melahirkan anak. Pernyataan ini disampaikan Anies dalam acara ‘Desak Anies Edisi Perempuan’ di Half Patiunus, Jakarta, pada Kamis (18/1).

“Cuti melahirkan [red: Istri] untuk para suami biasanya hanya dua hari di berbagai tempat, dan kami ingin mengubahnya menjadi 40 hari bagi suami,” kata Anies, menekankan peran aktif para ayah dalam merawat anak yang baru lahir selain peran ibu.

Anies menyakini bahwa para ayah juga mampu untuk mengurus anak mereka pada fase awal kelahiran. Menurutnya, dalam fase ini, peran ayah sangat penting untuk terlibat secara aktif dalam perawatan bayi.

Sementara itu, Anies juga mengungkapkan bahwa daycare di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah digusur. Meskipun program daycare tersebut dibuat dengan standar tinggi saat Anies menjabat Mendikbud, tempat tersebut kini telah digusur.

“Ketika saya bertugas di Kemendikbud, kami membuat daycare di lokasi yang paling strategis di kementerian, di gedung utama, dan dibuat dengan standar daycare terbaik level dunia,” ungkap Anies.

Program daycare di kementerian dianggap penting oleh Anies untuk memastikan bahwa para ibu dapat bekerja dengan baik tanpa khawatirkan anak-anak mereka. Anies juga mencatat bahwa program serupa telah dilaksanakan saat ia menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, di mana 32 daycare dibuka di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, termasuk di Balai Kota Jakarta. Anies menegaskan bahwa langkah ini bukanlah hal baru yang berkaitan dengan urusan pilpres.

Tinggalkan Balasan