Viral  

Anak Bangsa yang Mengaspal di Ajang Internasional

TRIBUNNEWS.COM – Supersport World 300 atau WSSP 300 adalah ajang balap motor yang menjadi bagian dari World Superbike (WSBK 2017). Seri WSSP300 berlangsung di benua Eropa dalam 9 putaran dari total 11 seri WSBK 2017. Seri ini telah dimulai pada 2 April lalu di Aragon, Spanyol dan akan diakhiri dengan putaran terakhir pada 22 Oktober 2017 mendatang di Jerez, Spanyol.

Hal menarik dari ajang balap motor internasional ini adalah keikutsertaan anak bangsa sebagai salah satu pembalapnya, Galang Hendra Pratama. Pemuda 18 tahun dari Yogyakarta ini tergabung dalam tim Motoxracing bersama dua pembalap lain yang berasal dari Perancis dan Ukrania.

Galang Hendra pertama kalo mengaslap di WSSP300 Portimao, Portugal pada 17 September lalu. Di sirkuit ini, Galang Hendra tampil perdana bersama YZF-R3 dengan hasil menduduki posisi ke-6 saat latihan bebas 2 (FP2) dan meraih top-speed terbaik.

Di putaran ini, Galang Hendra berada di grid-start ke-10 berdasarkan hasil Superpole yang diikuti oleh 37 starter. Ia bahkan sempat berada di baris depan. Namun sayangnya ia mengalami kendala elektronik saat race day, yang membuatnya tidak dapat menyelesaikan lomba.

Galang Hendra juga akan mengikuti seri akhir dari WSSP300, yang akan digelar pada 20-22 Oktober 2017 mendatang di sirkuit Jerez Spanyol yang memiliki panjang 4423 m. Selama ini memang menjadi langganan penyelenggaraan WSBK, termasuk di level MotoGP. Total terdapat 13 tikungan, yaitu 8 tikungan ke kanan dan 5 ke kiri.

“Terimakasih kepada Yamaha telah memberikan kesempatan lagi kepada saya untuk balapan di World Supersport 300. Terimakasih juga kepada semua fans yang terus memberikan support, ini turut menguatkan mental saya. Pengalaman pertama di Portugal sangat mengesankan bagi saya. Meskipun tidak finish tapi saya cukup mampu bersaing dengan pembalap yang lain. Karena itu di Jerez nanti saya akan berupaya semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil terbaik.  Mohon doanya dari seluruh masyarakat Indonesia,” tekad Galang Hendra.

Selain WSSP300, Galang Hendra juga telah menuai prestasi gemilang di Asia Asia Production 250 (AP250) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di India pada September lalu, dimana Galang Hendra berhasil mendapatkan podium pertama dan ketiga. (Sumber: Tribunnews.com)

Tinggalkan Balasan