Berita  

Menang Pemilu Jepang, Shinzo Abe akan Rombak Konstitusi

Tokyo, KabarBerita.id — Kelompok penguasa Jepang Perdana Menteri Shinzo Abe menuju kemenangan besar dalam pemilihan umum pada Minggu, yang memperkuat kesempatannya menjadi perdana menteri terlama di negara tersebut dan menghidupkan kembali dorongannya untuk mengubah undang-undang dasar damai.

Koalisi Demokrat Liberal (LDP) pimpinan Abe ditetapkan meraih 311 kursi, mempertahankan dua pertiga “mayoritas super” di majelis rendah 465 anggota itu, kata jajak pendapat, yang ditunjukkan televisi TBS.

Siaran umum NHK juga mengatakan bahwa kelompok berkuasa tersebut mencapai mayoritas dua pertiga, meskipun beberapa siaran lain mengabarkan jumlah kursi kelompok itu sedikit di bawah dua pertiga.

Kemenangan tersebut menimbulkan kemungkinan bahwa Abe, yang mulai menjabat pada Desember 2012, memiliki masa jabatan ketiga dalam tiga tahun sebagai pemimpin LDP pada September tahun depan dan menjadi perdana menteri terlama di Jepang.

Hal tersebut juga berarti bahwa strategi pertumbuhan “Abenomik”, yang berpusat pada kebijakan moneter hiper-mudah, kemungkinan berlanjut.

Tinggalkan Balasan