Waspada, Kebiasaan Mengucek Mata dapat Mengakibatkan Kebutaan

Jakarta, KabarBerita.id — Mengucek mata merupakan kebiasaan yang sering dilakukan orang. Dalam kondisi bangun tidur, mengantuk, mata kelilipan, mata kering atau setelah menangis, sadar tidak sadar Anda akan mengucek mata.

Belum lagi ketika mata tiba tiba terasa gatal jalan satu-satunya adalah mengucek mata untuk menghilangkan rasa gatal.

Tidak jarang ada akan menguceknya dengan kencang hingga mata menjadi Kemerahan. Ternyata kebiasaan ini cukup berbahaya bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Dokter spesialis mata di Jakarta Eye Center, Referano Agustiawan mengatakan kebiasaan mengucek mata terlalu keras dapat menyebabkan kebutaan karena Retina mata yang robek. Sobeknya retina mata disebut sebagai ablasio Retina atau robekan yang terjadi pada Retina yang merupakan Kedaruratan medis yang perlu ditangani segera.

Apa itu ablasio retina?
Ablasio retina merupakan kondisi ketika lapisan Retina lepas yang dipicu oleh Lubang atau robekan yang muncul di Retina.

Retina adalah lapisan tipis di bagian belakang bola mata fungsinya untuk memproses penglihatan dan menangkap cahaya untuk disampaikan ke otak.
Gangguan pada Retina harus ditanggapi serius karena bisa berpotensi mengganggu penglihatan secara permanen dan kebutaan.

Lantas kenapa mengucek mata bisa berbahaya?
Luka di mata dapat menyebabkan robekan pada Retina. Saat terjadi mulanya hal yang dirasakan berupa penglihatan kabur dan perih berkepanjangan.

Selain pengelihatan menjadi buram, anda juga akan mengalami kondisi munculnya di kilatan seperti flash kamera ketika mata ditutup.

Selain mengucek mata, orang yang beresiko mengalami ablasio Retina adalah mereka yang memiliki minus mata terlalu tinggi dan lansia.

Tinggalkan Balasan