Warna Mata Pengaruhi Daya Tarik

ilustrasi mata

Kabar Berita.id – Tahukah Anda? Warna mata tidak hanya bisa mengindikasikan kesehatan dan kepribadian seseorang, namun juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat pasangan atau calon pasangan menyukai lawan jenis.

Dalam sebuah studi yang diposting di bioRxiv, Lisa DeBruine dan rekan peneliti dari Universitas Glasgow menemukan warna mata tertentu bisa membuat seorang, secara sadar maupun tidak sadar, menyukai Anda.

Dalam penelitian ditemukan, ternyata, warna mata yang cenderung lebih disukai seseorang adalah warna mata yang juga dimiliki orang tuanya.

Hasil itu berdasarkan studi melibatkan partisipasan 300 pria dan wanita. Warna mata masing-masing peserta, begitu juga dengan kekasih, dan orang tua mereka, dicatat. Kemudian, para peneliti mengkategorikan setiap respons dari masing-masing warna-termasuk mata hazel, hijau, biru-hijau, biru, dan abu-abu, atau gelap, juga hitam, coklat tua, dan mata coklat muda.

Hasilnya, warna yang disukai mayoritas partisipasan adalah warna yang dimiliki orang tua pada matanya. Bagi kaum wanita, warna mata ayah, menjadi warna disukai. Sementara bagi pria, sebaliknya, menyukai warna mata ibu.

DeBruine dan rekan-rekannya mengatakan, preferensi ini seperti sudah tercetak dalam masing masing orang yang tumbuh dewasa dengan orang tuanya. Meski begitu hasil studi ini bukan temuan absolut, dan masih butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan kebenaran faktor tersebut, demikian dikutip Reader’s Digest.

Sumber : Republika.co.id

Tinggalkan Balasan