Wacana RK Jadi Bakal Cawapres Ganjar, Bagaimana Elektabilitasnya?

Jakarta, KabarBerita.id — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) bagi kader PDIP Ganjar Pranowo. Berikut angka keterpilihan (elektabilitas) kader Partai Golkar itu dirangkum dari sejumlah survei.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menggoda Kang Emil, sapaan akrab RK, sebagai bacawapres Ganjar melalui pantun sambil memuji kiprahnya setinggi langit.

“Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh daya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini,” ucapnya dalam bentuk pantun, di Bandung, Rabu (28/6).

Ridwan Kamil pun meresponsnya dengan menyatakan tetap setia pada pimpinan di Golkar.

“Itu mah spontanitas Pak Hasto di luar skenario, di luar yang saya perkirakan. Saya tetap taat fatsun pada partai Golkar, mendukung Pak Airlangga,” kata RK, usai salat Idul Adha di Masjid Raya Al Jabbar, Bandung, Kamis (29/6).

RK bukan satu-satunya sosok yang ada di daftar bakal cawapres Ganjar. PDIP, lewat DPP maupun sejumlah kadernya, sudah mengungkap sekitar 10 nama kandidat pendamping Ganjar.

Nama-nama itu antara lain Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir;

Selain itu, ada nama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko PMK Muhadjir Effendy, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, hingga Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Lalu, seberapa kuat elektabilitas Ridwan Kamil untuk bisa bersaing menjadi cawapres Ganjar?

Berikut peta kekuatan cawapres dari sejumlah lembaga survei:

Indikator Politik

Pada survei yang digelar pada 26-30 Mei 2023 itu, Ridwan Kamil menempati urutan kedua dari 19 nama cawapres potensial. Ia memiliki elektabilitas 15,4 persen.

Ridwan Kamil kalah tipis dari Erick Thohir yang memiliki elektabilitas 15,5 persen. Di posisi ketiga ada nama Mahfud MD dengan 13,4 persen.

Elektabilitas beberapa nama bakal cawapres Ganjar juga tercatat dalam survei itu. Mereka adalah Sandiaga Uno (13,1 persen), AHY (5,6 persen) dan Andika Perkasa (2,8 persen).

Populi Center

Survei Populi Center tanggal 5-12 Juni 2023 menempatkan Ridwan Kamil di urutan kedua cawapres yang paling diingat alias top of mind. Ia memiliki elektabilitas 7,5 persen.

Urutan pertama ditempati Sandiaga Uno dengan elektabilitas 9,8 persen. Kemudian ada nama-nama seperti Erick Thohir (5,9 persen), AHY (3,9 persen), dan Andika Perkasa (0,6 persen).

SMRC

Saiful Mujani Research Center (SMRC) merilis survei simulasi capres-cawapres. Nama Ridwan Kamil tak muncul di deretan bakal cawapres pendamping Ganjar.

Survei SMRC bulan Mei 2023 itu mencatat Erick Thohir sebagai sosok yang palinh cocok mendampingi Ganjar untuk melawan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Erick memiliki elektabilitas 19,4 persen. Ia mengungguli nama-nama seperti Sandiaga Uno (14,3 persen), Mahfud MD (13,2 persen), Khofifah Indar Parawansa (8,8 persen), AHY (8,4 persen), Airlangga Hartarto (7,8 persen), Said Aqil Siroj (2,5 persen), dan Yahya Cholil Staquf (1,4 persen).

Sementara itu, beberapa nama bakal cawapres Ganjar yang disebut PDIP jarang muncul di survei. Nama-nama itu adalah Nasarudin Umar, Basuki Hadimuljono, Muhadjir Effendy, dan Yaqut Cholil Qoumas.

Tinggalkan Balasan