Berita  

UNBK SMP yang Kacau Balau

Tes CPNS

Jakarta, KabarBerita.id — Siswa SMP sederajat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama pada Senin (23/4). Namun, pelaksanaan UNBK tingkap SMP di beberapa daerah di Indonesia berjalan kacau balau.

Rata-rata masalah akibat sistem membuat tidak lancarnya pelaksanaan UNBK tingkat SMP.Di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur UNBK mengalami gangguan sehingga pelaksanaan ujian molor selama sekitar satu jam lebih.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari Dinas Pendidikan Jawa Timur, gangguan itu terjadi karena server di pusat down,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan Moh Tarsun, Senin.

Sesuai jadwal, pelaksaan ujian mulai pukul 07.30 WIB, tapi karena mengalami gangguan, maka ujian terpaksa ditunda, yakni mulai pukul 08.30 WIB.

Sementara di Aceh Timur, para siswa peserta UNBK tahun 2018 sempat panik, karena terkendala dengan status offline.

“Kondisi ini membuat peserta UNBK harus menunggu hingga status online,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Abdul Munir melalui Kabid Pembinaan SMP, Saiful Basri.

Menurutnya, gangguan dengan status offline terjadi dari server pusat dan semua server maintenance, sehingga diminta para guru untuk menenangkan peserta UNBK.

“Tapi menjelang siang hampir seluruh titik pelaksanaan UNBK statusnya sudah online, termasuk salah satu ruang di SMPN 1 Idi,” kata Saiful Basri.

Hal yang sama terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. UNBK di Hulu Sungai Tengah sempat tertunda menyusul adanya gangguan jaringan dari pusat.

Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Badaruddin menjelaskan, gangguan jaringan (server) hanya dirasakan sejumlah sekolah namun tidak berlangsung lama.

Mengingat servernya dari pusat, Panitia Ujian Nasional cuma bisa menunggu perbaikan secepat mungkin agar peserta tidak panik.

Badaruddin menyampaikan masalah server ini juga dialami kabupaten/kota di Indonesia pada hari pertama pelaksanaan UNBK.

“Kami berharap panitia dan peserta UNBK tidak lagi panik dan mudah-mudahan pada hari kedua besok tidak ada lagi gangguan,” katanya.

Tinggalkan Balasan