Berita  

Tembus Laut dan Gunung, Relawan PKS Maluku Distribusikan Bantuan

Maluku, KabarBerita.id — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Maluku distribusikan bantuan kepada korban terdampak gempa. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris DPW PKS Maluku, Abdul Gani Lestaluhu, Senin (31/09/2019) kemarin di Maluku.

“Alhamdulillah sejak hari pertama terjadi bencana, Kamis 26 September, PKS Maluku langsung membentuk tim tanggap darurat bencana, dimulai dari pendataan hari Kamis lanjut dengan aksi sosial ditanggal 27 Septembernya,” terang Abdul Gani.

Bantuan yang didistribusikan oleh Tim Tanggap Darurat Bencana PKS Maluku terdiri dari kebutuhan bahan pokok, air mineral, makanan siap saji dan tenda.

Menurut Abdul Gani pendistribusian bantuan tersebut dilakukan secara merata diseluruh daerah yang terdampak gempa, khususnya daerah yang mengalami dampak yang serius.

“Kita telah menyebarkan bantuan kebeberapa wilayah, pertama ada Desa Liang, Tulehu, Rohomoni, dan Kabau. Daerah-daerah ini merupakan daerah yang mengalami dampak serius gempa. Di Tulehu bahkan terdapat sekitar 200 warga yang mengungsi. Kemudian kita akan melanjutkan ke Pulau Haruruku distribusi menggunakan kapal,” lanjut Abdul Gani.

Selain harus menyebrang pulau, Tim Tanggap Bencana PKS Maluku juga telah menembus hutan untuk mendistribusikan bantuan.

“Ahad kita sudah mendistribusikan bantuan ke dua tempat, Desa Tial dan Dewa Ewang menembus hutan yang merupakan daerah terjauh, InsyaAllah Senin kita akan melakukan ekspansi ke Kecamatan Hitu,” katanya.

Selain mendistribusikan bantuan, PKS Maluku juga medirikan Posko Tanggap Bencana, “Alhamdulillah Posko Tanggap Bencana PKS sudah berfungsi, pusatnya ada di Desa Tulehu sudah didatangi banyak pengungsi,” ungkapnya.

Kamis, 26 September 2019 gempa berkekuatan 6.5 SR telah mengguncang Kota Ambon, Kabupaten Maluku dan sebagain Pulau Seram Barat. Berdasarkan rilis yang dilansir oleh BPBD Provinsi Maluku, terdapat 34 orang yang meninggal dunia serta 244.780 orang yang mengungsi.

Tinggalkan Balasan