Telepon Xi Jinping, Putra Mahkota Saudi Singgung Uighur

Jakarta, KabarBerita.id — Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman menelepon presiden China Xi Jinping, salah satu yang diperbincangkan keduanya terkait wilayah Xinjiang.

Putra mahkota mengaku mendukung langkah negara China terkait wilayah yang menjadi kediaman kelompok minoritas Uighur tersebut.

Dilansir Xinhua, Arab Saudi akan terus mendukung posisi absah China terkait isu strategis seperti di Xinjiang dan Dengan tegas menentang campur tangan urusan internal China dan dengan bekas melindungi hak semua warga negara untuk memilih jalur politik serta hak asasi manusia mereka sendiri secara independen.

Tidak hanya itu Putra mahkota dan presiden Cina memastikan kedua negara bersedia untuk memperkuat kerjasama tingkat tinggi diantaranya menandatangani perjanjian untuk men sinergikan visi Arab Saudi 2030 dengan program Belt and Road Initiative.

Kedua pemimpin negara tersebut juga bersedia memper dalam kerjasama di berbagai bidang seperti ekonomi perdagangan dan transportasi infrastruktur serta energi.

Negara Arab juga siap meningkatkan koordinasi dengan Cina dalam urusan internasional dan regional serta mendukung posisi Cina dalam isu internasional.

Disisi lain presiden Cina mengatakan China dan Arab Saudi akan terus memperkuat solidaritas dan mempraktekkan Multilateralisme dan menjaga tatanan internasional berdasarkan Piagam PBB.

Xi juga memastikan Cina siap bekerjasama dengan Arab Saudi untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan timur tengah.

Tinggalkan Balasan