Takut Rusia Ngamuk, AS Tunda Tes Rudal Nuklir

Jakarta, KabarBerita.id — Negara Amerika Serikat sedang menunda uji coba rudal Balistik antar benua (ICBM), Minuteman III Demi meredam potensi perang nuklir dengan Rusia.

Rudal ICBM Minuteman III Disebut memiliki kemampuan Hulu ledak nuklir dengan jangkauan jarak jauh.

Dikutip Reuters, Jubir Pentagon John Kirby mengatakan dalam upaya untuk memperlihatkan bahwa Amerika tidak ada niat membuat langkah yang bisa menimbulkan salah paham. Kementerian pertahanan juga telah memerintahkan menunda uji coba rudal Balistik antar benua minuteman III.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengumumkan untuk siaga senjata nuklir setelah melakukan invasi terhadap Ukraina.

Dikutip AFP Putin mengatakan bahwa ia memerintahkan menteri pertahanan dan kepala staf umum angkatan bersenjata Rusia untuk menempatkan kekuatan pencegahan tentara Rusia ke dalam mode spesial tempur.

Ia melanjutkan bahwa negara Barat tidak hanya tidak bersahabat dengan negara Rusia di bidang ekonomi maksudnya sanksi yang tidak sah.

Rusia disebut memiliki gudang senjata nuklir terbesar di dunia dan juga sejumlah rudal Balistik yang menjadi tulang punggung kekuatan pencegahan.

Presiden AS Joe Biden juga menanggapi keputusan Putin yang memutuskan siaga perang nuklir.

Ia mengatakan bahwa Amerika tidak takut dengan ancaman Rusia apabila terjadi perang nuklir di dunia.

Pidan merespons pernyataan dari salah satu wartawan pada konferensi pers di Gedung putih Washington apakah rakyat Amerika takut dengan kemungkinan perang nuklir kemudian ia menjawab dengan tegas “tidak”.

Tinggalkan Balasan